PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Main Article Content

Murnilah Gulo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 3 Gunungsitoli. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 3 Gunungsitoli dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes tulisan dalam bentuk uraian, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 61,88 dengan ketuntasan siswa 33,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata adalah 81,25 dan ketuntasan kelas 91,67%. Siswa yang tidak aktif pada siklus I pertemuan pertama mencapai 60%, pertemuan kedua 40% dan pada siklus II mengalami penurunan ketidakaktifan siswa yaitu pada pertemuan pertama mencapai 30% dan pertemuan kedua 10%. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran, lebih memahami konsep materi dengan baik, daya analisis siswa terhadap masalah meningkat dan pembelajaran kelompok yang dilaksanakan membuat siswa lebih terbuka dalam menyampaikan ide-ide baru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Gerak Melingkar. Oleh karena itu, peneliti menyarankan: Hendaknya model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar fisika khususnya pada materi Gerak Melingkar.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Gulo, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 506-510, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Ndruru, M., Ndraha, L., M. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Sains. CV Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18.
Harefa. D., D. (2020). Pelatihan Menendang Bola Dengan Konsep Gerak Parabola. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 75–82.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.
Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786.
Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar Untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020b). Belajar Fisika Dasar untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020c). Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Prediction Guide. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 399–407.
Harefa, D. (2020d). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020e). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.
Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., Ge’e, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Ndraha, L. D. M., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., & Hulu, F. (2021). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 105–122.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.