PENGUJIAN EFEK BAURAN PEMASARAN 7P PADA LOYALITAS KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL MANDALAGIRI GARUT

Main Article Content

Kevin Cahyadi Ariesya Aprillia

Abstract

Keberadaan sebenarnya pasar tradisional sebagai sektor perekonomian masyarakat Indonesia mulai tersisih oleh pasar modern di zaman kini. Tujuan dibuatnya penelitian ini ialah guna menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial maupun secara simultan dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence terhadap loyalitas konsumen di pasar tradisional Mandalagiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang memakai regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini yakni konsumen di pasar tradisional Garut, sampelnya adalah konsumen yang masih berbelanja dalam 24 bulan terakhir di pasar tradisional Mandalagiri Garut yang berjumlah 261 orang. Hasil penelitian secara parsial yakni product dan process tidak memberikan pengaruh pada loyalitas konsumen, sedangkan secara simultan terdapat pengaruh bauran pemasaran 7P pada loyalitas konsumen di pasar tradisional Mandalagiri Garut.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Cahyadi and A. Aprillia, “PENGUJIAN EFEK BAURAN PEMASARAN 7P PADA LOYALITAS KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL MANDALAGIRI GARUT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 167-171, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Alipour, M., Pour, B. M., & Darbahaniha, A. (2018). The Effects of the 7P Marketing Mix Components on Sporting Goods Customer Satisfaction. International Journal of Business and Management Invention, 7(1), 20–26.
Anabas, S. (2017). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat, Proses, Orang dan Bukti Fisik Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Simpedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sintang. Jurnal Manajemen Motivasi, 12(1), 673. https://doi.org/10.29406/jmm.v12i1.440
Anjani, H. D., Irham, & Waluyati, L. R. (2018). Hubungan Penerapan Bauran Pemasaran 7P dan Loyalitas Konsumen di Pasar Tradisional. Agro Ekonomi, 29(2), 261–273.
Duza, B. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen di Perusahaan Jenang Teguh Raharjo Ponorogo. Jurusan Muamalah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo.
Ghaisani, R. P., Darsiharjo, & Miftah, R. (2016). Pengaruh Promosi terhadap Loyalitas Konsumen di Suis Butcher Steak House Setiabudhi Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3, 255–264.
Hapsari, D. O. A., & Rulirianto. (2017). Pengaruh People dan Process terhadap Loyalitas Pelanggan di Klinik Kecantikan Navagreen Cabang Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 61–65.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2016). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi.
Masitoh, E. A. (2013). Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional: Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul. Jurnal PMI, X(2), 63–78.
Mukhsinah, & Brahmaratih, I. A. (2014). The Impact of Product, People, Process Dan Physical Evidence on Customer Loyalty at PT. Samudera Shipping Services - Surabaya. Jmm17, 1(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v1i01.312
Napa, E. Y. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Simpati. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Nugraha, R. A. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Restoran Terhadap Loyalitas Pelanggan di Bourjuis Café. Retrieved from http://repository.unika.ac.id/23023/
Nurbani, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Kepercayaan serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(02).
Prasetyo, A. A. (2019). Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening: Studi Pegadaian Syariah Semarang. Tesis.
Prihatma, G. T., Masitoh, M. R., & Saputra, D. A. (2020). Pengaruh Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada CV. Saluyu Motor Cabang Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ekonomi Vokasi, 4(1), 38–54. Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JEV/article/view/3007
Reynaldi, G. H., & Suprapti, N. W. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek “Honda” di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 6(1).
Rolianto, T. (2007). Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen Teh Celup Tambi di Wonosobo, 4.
Rotinsulu, E., Sumayku, S. M., & Sambul, S. A. P. (2015). Pengaruh Harga, Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Big Jay Family Karaoke. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 2(029), 1302.
Santoso, A., Sudodo, Y., & Fietroh, M. N. (2017). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Permen Susu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 19–25. https://doi.org/10.37673/jebi.v2i2.58
Sihombing, I. K., Dewi, I. S., & Astika, A. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen pada Pasar Tradisional Sebagai Dampak. 72–75.
Subagyo, D. A. (2011). Pengaruh Bauran Pemasaran dalam Bisnis Restoran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Rumah Makan Lestari Jember. Skripsi Universitas Jember, 1–161.
Suhendro, D. (2019). The Influence of Marketing Mix ( 4P ) on Consumer Loyalty on Indomaret and Alfamart Mini market in Pematangsiantar City. 5(2), 206–220.
Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan. 3(1), 2018.
Winata, E. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen pada Grand Serela Hotel & Convention Medan. Journal Ilmu Manajemen, 14.