PEMBELAJARAN EKSPRESI VOKAL BERBASIS SELF ASSESSMENT DI MAYOR MINOR MUSIC COURSE MALANG

Main Article Content

Rikyan Dyah Bathari Widowati Warih Handayaningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran ekspresi vokal melalui penguasaan register yang berlangsung di Mayor Minor Music Course Malang, serta (2) menguji efektivitas dari metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut, yaitu Self Assessment.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  untuk mendeskripsikan proses pembelajaran ekspresi vokal melalui wawancara dengan narasumber, pengumpulan data, serta observasi. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu enam bulan untuk mengamati, mengumpulkan data, mengikuti proses pembelajaran, dan penulisan tesis ini.Sejalan dengan tujuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekspresi vokaldidahuluidenganpembelajaran register, yaitu Register dada (Chest Voice), Register tenggorokan (Spoken Voice), Register diafragma (Diaphragm Voice), Register hidung (Nasal Voice), dan Register kepala (Head Voice). Untuk pembelajaran ekspresi vokal, diklasifikasikan beberapaemosiyaitu; (1) sedih, manja,  yang memunculkan suara sengau, desah, dan parau,  hasil dari Nasal Voice, dan vocal fry; (2) marah, bersemangat, geregetan, yang memunculkan suara yang kuat dan lantang, hasil dari Diaphragm Voice; (3) tegang, gelisah, yang cenderung memunculkan suara/nada yang rendah, hasildari Chest Voice; dan (4) gembira, romantis, kasihsayang, yang memunculkan suarajernih, halus, dan merdu, hasildariHead Voice.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Widowati and W. Handayaningrum, “PEMBELAJARAN EKSPRESI VOKAL BERBASIS SELF ASSESSMENT DI MAYOR MINOR MUSIC COURSE MALANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 144-154, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Ahmadi, A., & Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Andrade, Heidi & Valtcheva, Anna. (2009). Promoting Learning and Achievement Through Self-Assessment, Theory Into Practice. https://doi.org/10.1080/00405840802577544
Anggraini, Indah Ayu, Wahyuni Desti Utami & Salsa Bila Rahma. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/570/445
Aningtiyas, E. (2012). Pengelolaan Kursus Musik (Studi Pada Lembaga Kursus Musik 99 Jl. Pattimura Raya Ungaran Kabupaten Semarang). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/2803
Assegaf, R. (2011). Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Afifatu Rohmawati, (2015), Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 9 Ed. 1.
Bakar, Nur Fardilla Nadia BT Abu. 2018. Mengkaji Stail Nyanyian Saloma Daripada Perspektif Teknik Vokal Klasikal Barat: Penggunaan Vokal Register. Skripsi. Pusat Kebudayaan Universiti Malaya Kuala Lumpur.
Bell Gredler, & Margaret, E. (1991). Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV. Rajawali.
Bhaskoro, S. B. (2012). Pelatihan, F. and Pengenalan, F. ‘Aplikasi pengenalan gender menggunakan suara’, Snati pp. 15–16.
Boud, David. (1995). Enhancing Learning through Self Assessment. London and New York: Routledge Falmer Taylor & Francis Group.
Bintarto, A. Gathut. (2014). Aspek Olah Vokal Musik Klasik Barat pada Musik Populer. Journey of Urban Society’s Arts. Vol 1(1), 44-56
Canazza, S., G. De Poli, C. Drioli, A. Roda, & A. Vidolin, “Modeling and control of expressiveness in music performance,” Proc. IEEE Special Issue Eng. Music, vol. 92, no. 4, pp. 686–701, 2004.
Cowie, Bronwen & Bell, Beverley. (2010). A Model of Formative Assessment in Science Education. https://doi.org/10.1080/09695949993026
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi I; Cet. III. Jakarta: Bumi Aksara.
Djohan. (2005). Psikologi Musik. Yogyakarta: Yogyakarta.
Eldi Fajri dan Desyandri, (2019), Pembelajaran Seni Musik di Era Globa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan Vol. 8 No. 2.
Fermita, Marlin Tri. 2013. Metode Didaktik Solfegio Dalam Peningkatan Kemampuan Bermusik Siswa Di Kelas Musik Non Klasik (MNK) SMKN.1 Somba Opu Kabupaten Gowa. Diunduh dari http://eprints.unm.ac.id/5502/
Gagne, R.M. (1985). The Conditions of Learning (4th). New York: Holt, Rinehart & Winston.
Grolier Incorporated. (1983). The Encyclopedia Americana International Edition: Desert to Egret, Vol 9. USA: Grolier Incorporated.
Heidi Andrade dan Anna Valtcheva, (2009), Promoting Learning and Achievement Through Self-Assessment, Theory Into Practice, 48:12-19.
Hakim, A. R. (2016). ‘Analisis Perbandingan Discrete Wavelet Transform , Discrete Cosine Transform dan Fourier Transform pada Proses Pengenalan Pola Suara’. Diunduh dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2767
Halimah, Lely. 2016. Ejournal.upi.edu. Edu Humaniora, Jurnal Pendidikan Dasar.UPI Cibiru. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763
Hasan, Chadidjah. (2004). Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas.
Hatimah, Ihat & Sadri. 2008. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka
Hendriana, Yana. (2013). Program Bantu Identifikasi Penyakit THT. Yogyakarta: Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT).
Jamalus. (1988). Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.
Jamalus. (1991). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.
Juslin, P.N., & Scherer, Klaus R. (2005). Vocal Expression of Affect. Oxford UK: Oxford University Press.
Juslin, P.N. (2003). “Five facets of musical expression: A psychologist’s perspective on music performance,” Psychol. Music, vol. 31, no. 3, pp. 273–302.
Jones, L. (2007), The Student-Centered Classroom. New York: Cambridge University Press
Kamil, Mustofa. (2009). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta
Kumbara, Hendra. (2013). Bentuk Ekspresi Musikal Kesenian Musik Gambus El Mata di Pekalongan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Mambili, E. (2004). The Position of Non-Formal Education in Kakamega District in the Face of Declared Free Primary Education, Accessing Quality Basic Education Through Non-Formal Education. LIFA Programme Coordinator.
Marcellina Wurangian, & Sarita. (2017). Model Pembelajaran Ekspresi Vokal “Broadway” untuk Mahasiswa Jurusan Vokal Kontemporer di Universitas Pelita Harapan. Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu |perpustakaan.upi.edu).
Miranda, H., Saragih, A.R., Adnan, A., & Haryuna. (2011). Pengaruh Bising Lingkungan Sekolah Terhadap Kelelahan Bersuara pada Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Medan. Vol. 41, No 1. Diunduh dari http://orli.or.id/index.php/orli/article/view/58
Muhatir, Rizki Muliono, & Susilawati, (2019). Analisis Fast Fourier Transform untuk Pengenalan Voice Register Wanita dalam Teknik Bernyanyi. Journal Of Informatics And Telecommunication Engineering. Vol. 2 No. 2
Mega Rahmawati Dan Edi Suryadi, (2011), Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4 No. 1.

Poetra, Adjie Esa. (2006). 1001 Jurus Mudah Menyanyi. Bandung: Mizan
Popham, W. J. (1995). Classroom Assessment what Teachers Need to Know. Boston: Allyn and B.
Reid, G. 2009. Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. Terjemahan Widiastuti, H. 2007. Jakarta: Indeks.
Rifa’i, Achmad & Tri Anni. Catharina. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Riskey Oktavian dan Riantina Fitra Aldya, (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 20 No.2.
Salliyanti.2004. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Lirik Lagu. Skripsi: Universitas Sumatera Utara.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Predana Media Grup.
Satiadarma, Monty P. & P. Zahra, Roswiyani. (2004). Cerdas dengan Musik. Jakarta: Puspa Swara.
Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: Gramedia.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.