EFEKTIVITAS PENERAPANBLENDED LEARNINGPADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMKN 2 BANGLI
Main Article Content
Abstract
Kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19 menimbulkan masalah baru bagi pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran telah mengalami perubahan yang drastis. Pembelajaran tidak lagi menggunakan pertemuan konvensional tatap muka, tetapi mulai diintegrasikan dengan pembelajaran online. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan blended learning pada pembelajaran bahasa Inggris di SMK Negeri 2 Bangli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Inggris kelas X,XI,XII SMK Negeri 2 Bangli yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan metode blended learning. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang baik antara guru, siswa, dan orang tua dapat mengatasi masalah dalam mengadaptasi metode blended learning pada saat pandemi. Penerapan metode blended learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris menuntut guru untuk kreatif dalam menyediakan platform pembelajaran Bahasa Inggris berupa link YouTube, video atau powerpoint. Keaktifan siswa di dalam pertemuan viaGoogle Meet dan orang tua yang mendukung siswa selama pembelajaran online sangat membantu kemajuan siswa.
Article Details
References
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2014). Defining twenty-first century skills. In Assessment and teaching of 21st century skills. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2
El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281
Iii, B. A. B., Jenis, A., & Penelitian, P. (2008). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung:Alfabeta, 2008), hlm 6. 54. 54–71.
Karyono, H., & Subandowo, M. (2019). Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya Tahun XV, No. 28. Oktober 2019. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, 15(27), 35–54.
Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 48. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.488
Saekawati, R., & Nasrudin, H. (2021). Effectiveness of Guided Inquiry-Based on Blended Learning in Improving Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 53–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.36947
Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. 9(2), 201–209.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Teknik, J., Politeknik, S., Bali, N., Jimbaran, B., & Bali, B. (2019). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. 245–254.
Utari, W., Hikmawati, V. Y., & Gaffar, A. A. (2020). Blended Learning : Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0,” 262–269. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/330/313
Zubaidah, S., Universitas, J., & Malang, N. (2018). MENGENAL 4C: LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 1.