ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X PH1 DI SMK N 2 BANGLI

Main Article Content

Ni Luh Ratna Rapiasih Ni Made Ayu Purnami

Abstract

Penerapan pembelajaran daring tentunya diiringi oleh permasalahan baru dalam proses pembelajaran maupun dalam mengevaluasi peserta didik. Dalam penerapan pembelajaran daring terdapat permasalahan terkait kesulitan guru dalam mengevaluasi sikap peserta didik terutama dalam menilai sikap siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap peserta didik selama mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terkait mengenai analisis teknik penilaian sikap siswa selama pembelajaran daring pada masa pandemi yang diisi oleh responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penilaian sikap dalam pembelajaran daring sulit dilakukan dan hasilnya kurang akurat. Penilaian sikap selama pembelajaran daring masih sebatas guru melihat respon peserta didik dalam hal mengerjakan tugas yang diberikan dan penilaian sikap menjadi hal yang perlu untuk dibenahi selama pembelajaran daring di era new normal dari segi kesiapan guru menyiapkan instrumen dan mengkondisikan siswa agar mengembangkan karakter selama pembelajaran daring.   

Article Details

How to Cite
[1]
N. L. Rapiasih and N. M. Purnami, “ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X PH1 DI SMK N 2 BANGLI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 293-296, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Anon. 2021. “Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning Berbasis Web Mata Pelajaran Al- Qur ’ an Hadits Di Ma Rauhdatul Jannah Oleh : Sri Wahyuningsih Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya 2021 M / 1442 H.”
Syahwani, U. 2015. “STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IX MTs NEGERI KETAPANG.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1):31–34. doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Kamila, I., Syahri, I., & Mulyadi. (2021). The Influence Of Using Digital Story Telling And Motivation On Speaking Skill Of Eleventh- Grade Students Of Sma Negeri 1 Simpang. Exposure Journal , 10(1), 144. Retrieved from : https://bit.ly/3pqkJQG
Santosa, M. H. (2021). Teknologi and Pembelajaran Bahasa Inggris. (G. Jati, & F. Dewi, Eds.) Perkumpulan Pengajar Bahasa Berbasis Teknologi Informasi.
Wiana, W., Barliana, M. S., & Riyanto, A. A. (2018). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia Based on Motion Graphic in Concept Mastering Enhancement and Fashion Designing Skill in Digital Format. International Journal: Emerging Technologies in Learning, 13(1), 4. Retrieved from: https://doi.org/10.3991/ijet.v13i02.7830