PENGARUH KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 34 BONTOSUA

Main Article Content

Kamil - Muhammad Yunus Muhammad Sri Yusal Elpisah -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SD negeri 34 Bontosua.   Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa di SD Negeri 34 Bontosua. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh dan purposive sampling, maka total sampel secara keseluruhan adalah jumlah guru 8 orang dan jumlah siswa adalah 8 orang. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket sebagai data primer, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil jawaban responden pada angket secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kinerja mengajar sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 34 Bontosua, dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,814 > 2,571 dan nilai probabilitas < taraf signifikan, yaitu 0,037 < 0,05.


.


 

Article Details

How to Cite
[1]
K. -, M. Yunus, M. Yusal, and E. -, “PENGARUH KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 34 BONTOSUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 241-245, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Gimbert, B., Bol, L., & Wallace, D. (2007). The influence of techer preparation on student achievement and the application of national standards by teachers of mathematics in urban secondary school. Educatin And Urban Society
Ghufron, M.N dan Risnawita. (2012). Teori-Teori Psikologi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
Junianto, D. (2013). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, volume 3 (3). https://journal.uny.ac.id /inde x.php/jpv/article/view/1845
Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Manullang, N.T. (2016). Pengaruh Kinerja Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Penabur Bandarlampung, Jurnal Manajemen Magister, volume 2 (2). https://jurnal.darmajaya.ac.idarticledownload
Mazda, J.F. & Lord, S. (2006). Developing Effective Teacher Performance. Londan: sage publication Inc
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendekia Press.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rachmawati, T & Daryanto. (2013). Penilaian Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media
Rodriguez, A. M., et al. (2014). Teaching Performance: Determinants of The Student Assessment. Academia Revista Latinoamericana De Administraction
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widoyoko, E.P. (2011). Pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa, cakrawala pendidikan, Volume 2 (2). file:///C:/Users/ MyPC /App Data/ Local/Temp/1563-4601-1-PB.pdf