STRATEGI BUDIDAYA IKAN KERAPU DENGAN MEMAKAI SISTEM KERAMBA JARING APUNG DI PULAU-PULAU BATU

Main Article Content

Yohanna Theresia Venty Fau Yan Piter Basman Ziraluo

Abstract

Produksi ikan kerapu di Pulau-pulau Batu masih tergolong rendah, sehingga untuk meningkatkan hasil produksi beberapa masyarakat di Pulau-pulau Batu membudidayakan ikan kerapu dengan menggunakan keramba jaring apung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang serta ancaman yang menjadi tantangan dari budidaya ikan kerapu dengan menggunakan keramba jaring apung. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini diambil dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis SWOT yang terdiri dari Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threaths. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis keramba jaring apung yang dipakai sebagai tempat pemeliharaan ikan kerapu yaitu keramba jaring apung kotak yang memiliki potensi sebagai sarana peluang dengan beberapa kelebihan dalam pemeliharaan ikan kerapu. Meskipun memiliki beberapa kelebihan, ternyata masih terdapat kelemahan dan juga ancaman yang menjadi tantangan para pembudidaya ikan kerapu  dikeramba jaring apung kotak.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Fau and Y. P. Ziraluo, “STRATEGI BUDIDAYA IKAN KERAPU DENGAN MEMAKAI SISTEM KERAMBA JARING APUNG DI PULAU-PULAU BATU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 553-558, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Gusrina. 2008. Budidaya Ikan Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Irmawati, dkk. 2021. Budidaya Ikan Kakap Putih: Tinjauan Kelayakan Di Keramba Jaring Apung Dan Tambak Tradisional. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nurr, Indriyani. 2019. Penyakit Ikan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Sambu, A.H. dan Amir, D.A. 2017. Budidaya Ikan Nila Dengan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) Pada Lahan Bekas Tambang Pasir (Studi Kasus Kel. Kalumeme, Kec. Ujung Bulu, Kab. Bulukumba). Electronic Journal Muhammadiyah University Of Makassar. 6 (1): 546-550.
Soemarjati, W., A. B. Muslim, R. Susiana dan C. Saparinto. 2015. Bisnis dan Budi Daya Kerapu. Jakarta: Penebar Swadaya.
Subyakto, S. dan S. Cahyaningsih. 2005. Pembenihan Kerapu Skala Rumah Tangga. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka.
Sudarajat, Ahmad 2015. Budidaya 26 Komoditas Laut Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.
Yanuhar, Uun. 2019. Budidaya Ikan Laut “Si Cantik Kerapu”. Malang: Tim UB Press.