PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNINGPADA MATERI PENCEMARAN AIR DI SMP PONTIANAK

Main Article Content

Resha Meisya Ariana Rahmat Rasmawan Rody Putra Sartika Hairida . Erlina .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) dan respon peserta didik dan pendidik terhadap LKPD berbasis PjBL pada materi Pencemaran Air di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE.Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Akan tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan tiga tahap yaitu: analisis, desain dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakanLKPD berbasis PjBL pada materi Pencemaran Air untuk SMP kelas VII mendapatkan persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat valid. Ditinjau dari aspek isi, penyajian, grafis dan kebahasaan. Respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat baik dan respon pendidik memperoleh persentase rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat baik.This shows that the PjBL-based LKPD that was developed is suitable to be used to teach Water Pollution materials.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Ariana, R. Rasmawan, R. Sartika, H. ., and E. ., “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNINGPADA MATERI PENCEMARAN AIR DI SMP PONTIANAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 259-268, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
Addin, I., Redjeki, T., & Ariani, Sri, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas Ix Ipa 1 Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(3), 125–129.
Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus Data Data Dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Andi, P. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Atwi-Suparman, M. (2012). Desain Intruksional Modern. Erlangga.
Bialik, M., & Fadel, C. (2015). Skills For 21st Century: What Should Student Learn. Center For Curriculum Redesign.
Budiono, J. D. (2014). Validitas Dan Kepraktisan Lkpd Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Materi Tumbuhan Spermatophyta Kelas X Sma. 3(3), 571–579.
Dezricha Fannie, R., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas Xii Sma. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Febrianti, N. (2014). Studi Beban Pencemaran Sungai Kapuas Akibat Buangan Dari Drainase Di Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak. Jurnal Terkonologi Lingkungan Lahan Basah, 2(1), 1–10.
Hairida. (2017). Menggunakan Bahan Ajar Pembelajaran Ipa, Lingkungan, Teknologi Dan Masyarakat (Set) Kearifan Lokal Dan Berbasis Koloid. Jurnal Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 2(1), 143–148.
Hairida, H., & Junanto, T. (2018). The Effectiveness Of Performance Assessment In Project-Based Learning By Utilizing Local Potential To Increase The Science Literacy. International Journal Of Pedagogy And Teacher Education, 2(July), 17. Https://Doi.Org/10.20961/Ijpte.V2i0.25722
Hairida, H., & Setyaningrum, V. (2020). The Development Of Students Worksheets Based On Local Wisdom In Substances And Their Characteristics. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 6(2), 106–116. Https://Doi.Org/10.26858/Est.V6i2.12358
Isa, A., & Jamil, A. (2012). How To Measure Students` Creativity. Journal Of The Asian Conference On The Social Sciences Official Conference Procedings, 2186–2303.
Lestari, A., Hairida, & Lestari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Dan Basa. Jurnal Zarah, 9(2), 117–124.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pt.Bumi Aksara.
Maulina, R., Nazar, M., & Hanum, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Pada Materi Koloid Di Kelas Xi Sman 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (Jimpk), 4(4), 52–58.
Mulyasa. (2014). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. Https://Doi.Org/10.33511/Misykat.V3n1.171
Permendikbud. (2016). Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva Press.
Prawiradilaga, & Dewisalma. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Group.
Pribadi, & A. Benny. (2014). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model Addie. Kencana.
Riduwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan Bisnis (4 (Ed.)). Alfabeta.
Safitri, Yf, Melati, Ha, & Lestari, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Materi Perubahan Fisika Dan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9).
Santi, I. K. L., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Geometri Ruang Smp. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 35. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V11i1.9673
Saragih, S. O. (2018). Sungai Kapuas Tercemar Merkuri. Berita Satu.
Siwa, I. ., Muderawan, I. W., & Tika, I. . (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1–15).
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.
Suhery, Putra, T., & Jasmalinda. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 1–4.
Susilowati, I., Iswari, R., & Sukaesih, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi Unnes, 1(2), 82–90.
Tegeh, & Made Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.