PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA MATERI ZAT ADIKTIF UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI KESEHATAN

Main Article Content

Patya Mudira Mufti Akbar hai rida Ira Lestari Mas riani Rahmat Rasmawan

Abstract

Pengembangan karakter peserta didik kurang diperhatikan oleh sistem pendidikan, sehingga menyebabkan turunnya kualitas sikap dan moral peserta didik. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya pecandu rokok dikalangan remaja. Tujuan penelitian ini adalah menentukan kelayakan dan mendeskripsikan tanggapan guru terhadap lembar kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian ini hanya menerapkan tahap analisis (analyze), desain (design), dan pengembangan (develop). Subjek dalam penelitian ini adalah “lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk menumbuhkan karakter peduli pada materi zat adiktif di SMP”. Subjek validasi kelayakan melibatkan masing-masing 3 ahli media (grafis), bahasa, dan materi yang memperoleh hasil rata-rata kelayakan 96,19%. Subjek uji coba penelitian yaitu 3 guru IPA di SMPN yang berdomisili di Kecamatan Jongkong yang memperoleh hasil respon rata-rata sebesar 85,41%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa “LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Zat Adiktif untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Kesehatan” sangat layak dan mendapat respon sangat baik.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Akbar, hai rida, I. Lestari, M. riani, and R. Rasmawan, “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA MATERI ZAT ADIKTIF UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI KESEHATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 284-293, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Agustina, F. (2017). Hubungan Umur dan Prilaku Merokok Siswa Kelas I SMP Terhadap Prestasi Belajar. CENDEKIA MEDIKA, 2(2), 26–37.
Almaidah, F., Khairunnisa, S., Sari, I. P., Chrisna, C. D., Firdaus, A., Kamiliya, Z. H., Williantari, N. P., Akbar, A. N. M., Pratiwi, L. P. A., Nurhasanah, K., & Puspitasari, H. P. (2020). Survei Faktor Penyebab Perokok Remaja Mempertahankan Perilaku Merokok. Jurnal Farmasi Komunitas, 8(1), 20. https://doi.org/10.20473/jfk.v8i1.21931
Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500–3508.
Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (revisi 6). Rineka Cipta.
Arini, N. K. A. D., Murda, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), 20. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24472
Branch, R. M. (2009). Desain Instruksional: Pendekatan ADDIE (M. W. P. A. M. Claude Dellacherie, Ed.). Springer.
Budiono, J. D. (2014). Validitas Dan Kepraktisan Lkpd Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Materi Tumbuhan Spermatophyta Kelas X Sma. 3(3), 571–579.
Cahyarini, Y. (2017). Pengembangan Buku Guru Dan Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas I Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Skrispi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Dazrullisa, D., Rahman, A. A., & Violita, W. (2019). Kesalahan Konsep Siswa Pada Materi Persamaaan Linear Berdasarkan Metode CRI (Certainty Of Respon Indeks). GENTA MULIA, X(1), 1–10.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Dyah, S., Damayanti, N., Ngazizah, E., & Setyadi, K. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58–62.
Erlyana, Y., & Giovani, M. (2018). Analisis Cover Artwork Album-Album Gigi Band Gigi Band’s Album Cover Artworks Analysis. JURNAL TITIK IMAJI, 1(2), 90–104.
Fahmi, Abdullah, & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering Peat Lands as a Resource of Learning Natural Science to Strengthening Environment Care. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 525. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.072
Fara, U., Noer, H., & Rasidin, U. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 12(2), 242-253.
Safitri, Y. F., Melati, H. A., & Lestari, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Materi Perubahan Fisika Dan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50.
Hairida, H., & Setyaningrum, V. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 106–116. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.12358.
Harsanti, T., & Wicaksono, F. (2017). Determinan Perilaku Merokok Pada Remaja Sekolah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Statistika & Komputasi Statistik, 9(1), 25.
Hasian, I., & Putri, I. (2021). Analisis Elemen Desain Grafis dari Visual Konten Instagram Indonesia Tanpa Pacaran Ditinjau dari Teori Retorika. Jurnal Magenta, 5(01), 633–646.
Hersandi, M. (2015). Brosur IPA Terpadu sebagai Bahan Ajar di SMP ditinjau dari Aspek Keterbacaannya. Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM 2015, 139–144.
Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contekstual Teaching dan Learning). Presrasi Pustaka.
Juniati, N.W, & Widiana, I.W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar .1(1). 20-29.
Larasati, W., & Dokhi, M. (2020). Variabel-Variabel Yang Memengaruhi Waktu Hingga Seseorang Menggunakan Narkoba Pertama Kali Menggunakan Analisis Survival. Indonesian Journal of Statistics and Its Applications, 4(2), 359–373. https://doi.org/10.29244/ijsa.v4i2.587.
Machini, F. N., Nafikadini, I., Gani, H. A., Promosi, B., Perilaku, I., & Masyarakat, F. K. (2015). Self Esteem Pada Remaja Perokok (Studi Kualitatif di SMA Islam Lumajang) Self Esteem In Teen Smokers ( Qualitative Study in Senior High School Islam Lumajang ). Jember: Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa Universitas Jember.
Mariyani, M., Setiyowati, R., & Fatihah, H. (2020). Analisis Tingkat Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Hots Dengan Sistem Barcode. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 200–205. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3747
Mirnawati, Nurfitriani, Zulfiarini, F. M., & Cahyati, W. H. (2018). Perilaku merokok pada remaja umur 13-14 tahun. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT, 2(3), 396–405.
Muhammad, S. F. (2018). Pembelajaran Bahasa Yang Sesuai Dengan Perkembangan Anak. Al-Munzir: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Bimbingan Islam, 11(2), 283–302.
Mulyani, E. A. (2021). Desain Grafis. Media Sains Indonesia.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pangestu, N. (2021). Modul Pembelajaran Berbasis Instagram Pada Materi Zat Adiktif Kelas VIII di MTSN 16 Tanah Datar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pradita, E. N., & Wangid, M. N. (2017). Pengembangan LKPD Tematik-Integratif Berbasis Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 56-70. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15500
Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2018). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwicandekia Jurnal Riset Pedagogik, 1(2),14-20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.
Putri, A. S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7e Tema “Bahaya Rokok Bagi Pernapasan” Untuk Meningkatkan Scientific Literacy Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.
Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151-160. https://doi.org/10.19166/pji.v14i2.832
Ramadhani, W. P., & Mahardika, I. K. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, 85–91.
Ratu, I. S., Belasunda, R., Desintha, S. (2015). Analisis Elemen Visual Corporate Identity Proxsis Consulting Group Proxsis Consulting Group Corporate Identity.Prosiding--- 2(2), 359–366.
Riduwan. (2015). Buku Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (cetakan ke 6). Alfabeta.
Rini, D. P. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Gambar Ilustrasi Dalam Buku Teks Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Sulistyowati, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Proyek Pada Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 1(2), 1–9. https://jurnal.uns.ac.id/jsei/article/view/28048
Umbaryati. (2018).Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Jurnal UNNES, 2(2), 217-225.
Untari, T., & Nurmiwati. (2021). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Sebuah Kajian Kualitas). Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 66–81.
Wati, S. H., Bahtiar, B., & Anggraini, D. (2018). Dampak Merokok Terhadap Kehidupan Sosial Remaja (Studi di Desa Mabodo Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna). Advanced Optical Materials, 3(2), 503–509.
Widiansyah, M. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Remaja Perokok Di Desa Sidorejo Kabupaten Penajam Paser Utara. EJournal Sosiologi, 2(4), 1–12.
Yuliati, A., & Ulfa, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lks Berorientasi Pendekatan Komunikatif Berbasis Tugas. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 189–203.
Zulmiyetri., Nurhastuti., & Safaruddin. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Kencana