STRUKTUR PENULISAN TEKS PIDATO MAHASISWA SEMESTER III PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN : KAJIAN RETORIKA

Main Article Content

Mina Syanti Lubis

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur pidato yang ditulis oleh mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IPTS (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan). Penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif. Struktur penulisan pidato meliputi: judul, salam pembuka, pendahuluan , isi (fakta dan data), penutup (simpulan, harapan, dan permohonan maaf), dan salam penutup. Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh data sebagai berikut: judul yang menarik sebanyak 18 orang. Aspek salam pembuka ada 24. Pendahuluan ada 25. Aspek isi ada 13 objek.  Aspek penutup terdapat 12 objek. Aspek salam penutup diperoleh data sebanyak 25.  Dapat dideskripsikan yang memiliki struktur penulisan pidato yang baik dan lengkap sebanyak 6. Artinya yang lengkap dan paham dengan struktur penulisan pidato hanya sebagian kecil, tetapi untuk pembahasan setiap aspek struktur pidato sebagian besar sudah paham tetapi tidak direalisasikan dalam menulis pidato yang baik.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Lubis, “STRUKTUR PENULISAN TEKS PIDATO MAHASISWA SEMESTER III PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN : KAJIAN RETORIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 4, no. 2, p. 66, Jul. 2018.
Section
Artikel