STUDI KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBUATAN HERBARIUM MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Main Article Content

Khilma Vita Nurmayasari Yuni Pantiwati Sri Wahyuni Rr. Eko Susetyarini Iin Hindun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kolaborasi belajar siswa dalam membuat herbarium pada materi klasifikasi tumbuhan sub bahasan herbarium. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggambarkan secara detail kemampuan kolaborasi siswa dalam membuat herbarium pada materi klasifikasi makhluk hidup. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Batu yang berjumlah 23 siswa. Cara pengambilan data kemampuan kolaborasi dengan menggunakan lembar observasi dengan menggunakan 4 indikator dan 10 deskriptor. Data penelitian dianalisis menggunakan presentase rata-rata skor pada indikator keterampilan kolaborasi. Diperoleh nilai rata-rata presentase kemampuan kolaborasi siswa pada pembelajaran pertama dan kedua yaitu 64,12% dengan kategori kolaboratif. Berdasarkan hasil rata-rata nilai presentase pada pembelajaran pertama dan kedua indikator yang paling banyak dilakukan siswa yaitu dapa indikator A dengan rata-rata presentase 100% dan deskriptor yang paling sedikit dilakukan siswa yaitu pada deskriptor J 13,04%. Implikasi dari penelitian ini yaitu model Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bekerjasama menyelesaikan tugas proyek yang diberikan sehingga dapat meningkatkan sikap aktif untuk berkolaborasi pada siswa yang dibuktikan dari kenaikan nilai presentase pada pembelajaran pertama dan kedua.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Nurmayasari, Y. Pantiwati, S. Wahyuni, R. E. Susetyarini, and I. Hindun, “STUDI KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBUATAN HERBARIUM MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 246-251, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (Pan) Dan Pendekatan Acuan. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–28.
Anggelita, D. M., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Smk Abstrak. 5(2), 21–30. Https://Doi.Org/10.32832/Educate.V5i2.3323
Benawa, A. (2012). Kontribusi Pendidikan Dalam Membangun Pengetahuan Dan Karakter Bangsa. Humaniora, 3(2), 354. Https://Doi.Org/10.21512/Humaniora.V3i2.3329
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam. Aksioma, 8(1), 50–64.
Fauziyyah. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Mahasisw Teknologi Pendidikan (Jmtp), 9(2), 1–7.
Handayani. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Smp Negeri 4 Gunungsari. 7(3), 168–174.
Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 35–45.
Khanifah. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(2), 138–155.
Komarudin. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model Komarudin1a,. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V7i1.1898
Kristanti, Y. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning Model ) Pada Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.
Masykur. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Di Mtsn Kuta Baro. Jurnal Edubio Tropika, 4(2), 20–23.
Maulidah, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Smp Negeri 4 Gunungsari. Tesis.
Mayasari, T., Kadarohman, A., & Rusdiana, D. (2015). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan. Jpfk, 2(1), 48–55.
Mulyanil. (2020). Studi Dokumenter Hasil Belajar Psikomotor Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Model Pjbl Pada Siswa Kelas Vii Mtsn 11 Ciamis. Viii(2), 36–39.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.262
Rahmawati, A. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa Sma Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 1–15.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Saenab. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Biology Science & Education, 8(1), 29–41.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Virninda, A. N. (2017). Pjbl Untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Pjbl Dalam Melejitkan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Unm, 2(1), 45–50.
Sulistiyawati, D. Y. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Materi Debit Untuk Siswa Kelas V Sdn Kentungan Dengan Model Stad. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Skripsi, 348.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Http://Repository.Unikama.Ac.Id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global .Pdf. Diakses Pada; Hari/Tgl; Sabtu, 3 November 2018. Jam; 00:26, Wib.
Zubaidah, S. (2016). Sitizubaidah-Stkipsintang-10des2016. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.