PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MORO’O

Main Article Content

Toroziduhu Waruwu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Student Teams Achievement Division pada materi pokok keanekaragaman Hayati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Moro’o yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dengan tenik random sampling. Data diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebesar 80,38 dan satandar deviasi sebesar 7,96, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division sebesar 75,13 dan standar deviasi 8,66. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α = 0,05, memperoleh hasil thitung ˂ -ttabel atau -2,82 ˂ -1,99 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Student Teams Achievement Division pada materi pokok keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Moro’o Tahun Pelajaran 2017/2018.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Waruwu, “PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MORO’O”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 1, p. 22, Jul. 2018.
Section
Artikel