ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Main Article Content

Hestu Tansil La`ia Antonius Sarumaha Aluiwaauri Tafonao

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial, 2) Mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A yang berjumlah 17 orang. Data dianalisa dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada siswa yang belum mempau mengidentifikasi data yang diketahui dan data yang ditanya pada soal, siswa belum mampu merumuskan permasalahan atau menyusun model matematika, siswa belum mampu menerapkan strategi dalam menyelesaikan permasalahan aritmetika sosial serta siswa belum mampu menafsirkan atau mempresentasikan hasil akhir yang diperoleh. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah dan siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal terkait permasalahan aritmetika sosial. Hal ini karena, siswa masih belum memahami soal dan cara merumuskan atau menyusun suatu model matematika dari permasalahan kontekstual. Selanjutnya, siswa masih belum mampu menerapkan strategi yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan. Peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran matematika lebih memperhatikan lagi perkembangan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika serta siswa dibiasakan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah.

Article Details

How to Cite
[1]
La`iaH., A. Sarumaha, and A. Tafonao, “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 588-595, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hardini, Isriani dan Puspitasari, Dewi. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implemetasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).
Hartono, Yusuf. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Haryono, Didi. 2014. Suatu Tunjauan Epistomologi dan Filosofis Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.
Hendriana, Heris dan Sumarmo, Utari. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hendriana, Heris; Rohaeti, Euis Eti dan Sumarmo, Utari. 2018. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mairing, Jackson Pasin. 2018. Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta.
Makmun, Abin Syamsudin. 2017. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Rosda.
Noer, Sri Hartuti. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Pujiadi. 2016. Guru Pembelajaran Modul Pelatihan Matematika SMA Kelompok H. Pedagogik: Pengembangan Kurikulum Matematika 2; Profesional:Pemanfaatan Media Pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemejcahan Masalah. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Wahyudi dan Anugraheni, Indri. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, (online) Vol. 4, No. 1 (https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/192) diakses pada tanggal 01 Juni 2021.
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, (online) Vol. 2, No. 2 (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/42) diakses pada tanggal 01 Juni 2021.
Heris, Hendrian; Fitria, N. F. N., Hidayani, & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, (online) Vol. 8, No. 1 (https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/4728) diakses pada tanggal 01 Juni 2021.
Vitaloka, W. P., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, (online) Vol. 9, No. 2 (http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2294) diakses pada tanggal 01 Juni 2021.