ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA PONTIANAK MENYUSUN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMAL

Main Article Content

Indri Astuti Aloysius Mering

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) memetakan (secara kuantitatif) kemampuan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Pontianak menyusun soal-soal Asesmen Kemampuan Minimum (AKM) dan (2) menjelaskan (secara kualitatif) kemampuan guru SMP Kota Pontianak menyusun soal-soal AKM dengan menganalisis semua unsur perancangan soal AKM. Penelitian ini mendeskripsikan naskah hasil analisis terhadap luaran kinerja Guru SMP Kota Pontianak menyusun soal-soal AKM. Selain melibatkan Guru SMP Kota Pontianak, peneliti juga menyertakan guru (SD, SMP, SMA, dan SMK) yang sedang mengikuti kuliah  Pengembangan  Instrumen  Hasil  Belajar  sebagai  validator  sejawat.  Tahap-tahap  penelitian  dan  pengumpulan  data dilakukan melalui; (1) pelatihan (workshop), (2) penyusunan soal AKM, (3) analisis oleh peneliti dan guru sejawat, dan (4) pembahasan (feed-back). Hasil penelitian menunjukkan, secara keseluruhan kemampuan guru menyusun soal AKM “kurang bagus”. Khususnya dalam hal (1) pemilihan teks, (2) konstruksi soal yang tidak sesuai dengan level kognitif (difficulty), (2) kecenderungan mengutip teks secara literal, (3) stem yang ambigu, dan (4) penskoran kurang memperhatikan level item. Karena itu, (1) Guru secara pribadi, kelompok mata pelajaran, dan asosiasi yang ada mempelajari dan mengadakan pelatihan secara kontinu dan (2) Instansi yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan guru juga memfokuskan pelatihan pada materi penulisan soal AKM.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Astuti and A. Mering, “ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA PONTIANAK MENYUSUN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 602-609, Jan. 2022.
Section
Artikel

References

Amua-Sekyi, Ekua Tekyiwa. 2016. Assessment, Student Learning and Classroom Practice: Journal of Education and Practice. Vol.7, No.21, 2016.
Christopher DeLuca, Nathan Rickey, Andrew Coombs, Sammy King Fai Hui. (2021). Exploring assessment across cultures: Teachers’ approaches to assessment in the U.S., China, and Canada. Cogent Education 8:1.
Frey, Bruce, 2010. Middle Grades Research Journal, Volume 5(3), 2010, pp. 107–117 ISSN 1937-0814 Copyright © 2010 Information Age Publishing, Inc.
Harsiati, Titik. 2018. Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA Volume 17, Nomor 1, Maret 2018.
Istiandaru, Afit, dkk., (2021). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Cogent Education, Volume 8, Issue 1.
Kadek Agus Suarimbawa, A. A. I. N. Marhaeni, G. A. P.
Suprianti (2017). An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1.
Kemdikbud, 2020. Buku Desain Penyusunan Soal-soal Asemen Kompetensi Minimum. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Litbang dan Perbukuan. Jakarta: Kemdikbud.
Mario Piacentini, OECD, PISA-2018. Global Competence Assessment. Mario.piacentini@oecd.org https://www. oecd.org/education/school/4B-Piacentini.pdf
Nitko, Anthony J. 2010. Educational Assessment of Students. Ohio: Merrill, an imprint of Prentice Hall.
PISA. 2018. Doc.: CY7_TST_PISA 2018_ Released_New_ REA_Items_V2.docx. PISA 2018 Released Field Trial and Main Survey New Reading Items. Produced by ETS, Core A: Updated: October 2019
Refnaldi, M. Zaim, and Elva Moria. 2017. Teachers Need for Authentic Assessment to Assess Writing Skill at Grade VII of Junior High Schools in Teluk Kuantan Advances in Social Science. Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 110.
Safari. (2020). Students’ Perception of Teacher Guide on Reading Learning Based on Results of PISA 2018. Indonesian Journal of Educational Assessment. Center for Assessment and Learning, Ministry of Education and Culture, Indonesia Publikasi Online: 28 Juni 2020 DOI: https://doi.org/10.26499/ijea.v3i1.56.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Wahyuni Vera, Kartono and Endang Susiloningsih. 2018. Development of Project Assessment Instruments to Assess Mathematical Problem Solving Skills on A Project-Based Learning, Journal of Educational Research and Evaluation. JERE 7 (2) (2018 ) 147 – 153.
William, Dylan. 2013. Assessment: The Bridge between Teaching and Learning. Voices from the Middle. Copyright @ 2013 by the National Council of Teachers of English All rights reserved. Volume 21 Number 2, December 2013).