MODEL PROJECT BASED LEARNING : MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA DAN KETERAMPILAN MEMBUAT HERBARIUM

Main Article Content

Wiranti Mulyandari Yuni Pantiwati Sri Wahyuni Rr. Eko Susetyarini Iin Hindun

Abstract

Pemahaman siswa yang rendah pada materi klasifikasi makhluk hidup disebabkan karena pembelajaran yang konvensional (tidak kontekstual) serta siswa masih menghafal ciri-ciri makhluk hidup tanpa mengetahui bentuk aslinya. Penelitian ini bertujuan 1) meningkatkan kognitif siswa 2) keterampilan siswa dalam membuat herbarium dengan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, melibatkan siswa SMP Muhammadiyah 2 Batu TA 2021/2022. Sampel yang digunakan 23 siswa kelas 7 (kelas tahfidz), diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data melalui lembar observasi dan pre- post test. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus setiap siklus diberikan pre-post test dan pembuatan herbarium. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yaitu 1) model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup, dengan peningkatan skor dari siklus I (8,70%) ke siklus II (86,96%) termasuk kategori sangat baik 2) Siswa terampil dalam pembuatan herbarium yang dilihat dari setiap indikator proses pembuatan dan hasil akhir produk sebesar 87%. Oleh karena itu, dengan menggunakan model PjBL pada materi klasifikasi makhluk hidup, tepat untuk digunakan karena meningkatkan kognitif siswa dan terampilnya siswa dalam membuat herbarium.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Mulyandari, Y. Pantiwati, S. Wahyuni, R. E. Susetyarini, and I. Hindun, “MODEL PROJECT BASED LEARNING : MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA DAN KETERAMPILAN MEMBUAT HERBARIUM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 558-561, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Aris, Y., A, F., & Astina, K. (2017). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 2(3), 448–453. https://doi.org/doi.org/10.35914/tomaega.v3.i2.41 3
Desriyani, E., Yudianto, S. A., & Supriatno, B. (2018). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) bermuatan nilai dalam materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 52–56. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13047
Faizin, N., Khairil, K., & Sabri, M. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Man 1 Sigli Kabupaten Pidie. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.22373/biotik.v5i1.2969
Fitriyati, I., et al. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. http://journal2.um.ac.id/index.php/ e-ISSN:
Guci, W., Tegal, K., Sekolah, U., & Atas, M. (2018).
Pengembangan kunci determinasi tumbuhan hasil eksplorasi hutan wisata guci kabupaten tegal untuk sekolah menengah atas. Indonesian Journal of Conservation, 7(2). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc%0APE NGEMBANGAN
Hafida, S. H. N., Ariandi, A. P., Ismiyatin, L., Wulandari, D. A., Reygina, N., Setyaningsih, T., Setyawati, L., Sochiba, S. L., & Amin, M. A. K. (2020). Pengenalan Etnobotani melalui Pembuatan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 79–83. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10776
Hutasuhut, M. A. H. F. (2019). JurnaL Biolokus Vol: 2 No.1 Januari – Juni 2019. Jurnal Biolokus, 2(1), 5. https://media.neliti.com/media/publications/29280 1-studi-meta-analisis-pengaruh-video-pembe- 7bf17271.pdf
Ilmiah, K. B. (2021). Penerapan Level Of Inquiry (LOI) untuk mengembangkan kemampuan berfikir ilmiah siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup. JURNAL PENDIDIKAN DAN PROFESI PENDIDIK, 7(1), 83–97.
https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jp3.v7i1.87 13

Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015).
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode Post To Post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.15294/jbe.v4i1.5237
Mulyani, T. S., Erlin, E., & Yulisma, L. (2020). Studi dokumenter hasil belajar psikomotor materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan model PjBL siswa kelas VII MTsN 11 Ciamis. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 36. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4406
Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model Pembelajaran elaborasi dengan model pembelajaran konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalp enelitianfisikawan/article/view/452
Safitri, M., Yennita, & Idrus, I. (2018). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara a. Rnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112.
Sitompul, N., Sihombing, S. A. A. S., & Manurung, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 64–69.
https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i3