PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI KECAMATAN BANSARI

Main Article Content

Yusi Puspitasari Siti Yulaeha Aminuddin Zuhaeri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Kecamatan Bansari; (2) pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Kecamatan Bansari; dan (3) pengaruh motivasi kerja dan kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Kecamatan Bansari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di Kecamatan Bansari yang berjumlah 233 orang dan tersebar di 14 Sekolah Dasar. Sementara sampel penelitiannya berjumlah 147 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan hasil data prestasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan melakukan uji normalitas, uji linieritas, analisis korelasi, analisis regresi sederhana, dan melakukan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi kerja guru secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Kecamatan Bansari dengan hasil thitung > ttabel (2,666 > 1,977); (2) Motivasi kerja guru secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Kecamatan Bansari dengan hasil thitung > ttabel (2,103 > 1,977); (3) motivasi kerja guru dan kinerja guru secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik dengan hasil Fhitung > Ftabel (18,615 > 3,059); dan (4) besarnya pengaruh simultan variabel motivasi kinerja guru dan kinerja guru sebesar 20,5% terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Kecamatan Bansari.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Puspitasari, S. Yulaeha, and A. Zuhaeri, “PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI KECAMATAN BANSARI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 542-550, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, Nasrun. (2011). Penelitian Hasil Belajar. Surabaya: Unnesa Press
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Yustika, M. (2021). Pemberian Motivasi Belajar pada Anak Melalui Peran Orang Tua. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Priyatno, Dwi. (2010). SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariete. Yogyakarta: Gava Media.
Purwanto, Ngalim. (2015). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Robbins, Stephen P. (2016). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi. Jakarta: PT Prenhalindo.
Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugihartono,dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Uno, H.B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. (2013). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan – Ed.4. Jakarta: Bumi Aksara.