PELATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF KEPADA KADER DI DESA PURWODADI KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA

Main Article Content

Ayus Diningsih Nurul Hidayah Indra Maulana

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan relaksasi otot progresif kepada kader di Desa Purwodadi Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua telah dilaksanakan. Pelatihan relaksasi dapat menurunkan efek destruktif dan gejala yang ditimbulkan dari suatu penyakit dan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat  relaksasi otot progresif dan masyarakat dapat melakukan serta menerapkan gerakan relaksasi otot progresif secara mandiri di manapun agar tercapai derajat kesehatan yang setinggi tingginya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan sasaran perangkat desa dan kader Desa Purwodadi Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa dan di rumah kader Desa Purwodadi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan gerakan relaksasi otot progresif kepada kader. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur/pelatih dan media berupa video gerakan refleksi otot progresif untuk membantu dalam memandu gerakan. Kegiatan ini juga diselingi dengan diskusi dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh yaitu kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 12 hari. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang perangkat Desa Purwodadi, 32 orang kader. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diterima sangat antusias oleh masyarakat Desa Purwodadi terbukti dengan tingkat persentasi kepuasaan sebesar 98% kader merasa puas dengan kegiatan ini. Kader merasakan dampak langsung setelah dilakukan pelatihan. Kader menjadi lebih relaks setelah mempraktikkan gerakan otot progresif.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Diningsih, N. Hidayah, and I. Maulana, “PELATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF KEPADA KADER DI DESA PURWODADI KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 593-595, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Antoni, Adi (2018). Evidence Based Nursing Practice : Progressive Muscle Relaxation (PMR) Pada Penyakit Degeneratif. Perdana Medika : Deli Serdang.
Antoni, Adi dan Ayus Diningsih (2021). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kontrol Stress Fisiologis dan Psikologis Klien Diabetes Mellitus. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 4(2),210-214. https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/MPPKI/article/view/1497/1287
Arsy dan Listyarini (2021). Terapi Relaksasi Otot Progresif Untuk Mengatasi Insomnia DI Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 4(1),21-19.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019.
Ulya dan faidah (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi Di Desa Koripandriyono Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan masyarakat, 6(2). 1-9.