PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Main Article Content

Mutiara . Nenni Faridah Lubis Emmi Juwita Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X semester I pada materi pokok Gerak Lurus di SMA dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X semester I pada materi pokok Gerak Lurus di SMA dan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa termasuk pada kategori baik.

Article Details

How to Cite
[1]
M. ., N. Lubis, and E. Siregar, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 583-585, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Arends, R.I., (2008), Learning To Teach, Belajar Untuk Mengajar Edisi ketujuh/ jilid I, Buku Satu, Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Arends, R.I., (2008), Learning To Teach, Belajar Untuk Mengajar Edisi Ketujuh / jilid I, Buku Dua, Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Arikunto,S., (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S., (2013), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S., (2009), Manajemen Penelitian,Penerbit Rineke Cipta, Jakarta.
Joyce,B.; Weil,M. & Calthoan,E., (2009), Model – Model Pembelajaran, Edisi Delapan, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Lie, A., (2010). Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning Di Ruang Ruang Kelas, Penerbit PT,Grasindo, Jakarta.