RESPON PENGGUNAAN MULSA PLASTIK HITAM PERAK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum.L) DI PERKEBUNAN AFDELING 2 KECAMATAN BILAH BARAT KABUPATEN LABUHANBATU

Main Article Content

Galang Diki Trenaldi Yusmaidar Sepriani Dini Hariyati Adam Ika Ayu Putri Septyani

Abstract

Cabai merah (Capsicumannuum L.) merupakan sayuran yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sebagai bumbu masak di dapur. Penelitian ini telah dilakukan di Lahan Penelitian di perkebunan afdeling.2 Kec. Bilah Barat Kab. Labuhanbatu. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober 2021 sampai april 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon penggunaan berbagai jenis mulsa terhadap pertumbuhan tanaman cabai merah, untuk mengetahui jenis mulsa yang terbaik terhadap pertumbuhan tanaman cabai merah. Metode Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 taraf perlakuan yaitu menggunakan mulsa plastik htam perak,mulsa plastik hitam dan tanpa mulsa plastik yang diulang sebanyak 5 kali di setiap perlakuan. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package For The Social Science) versi 20 dengan melakukan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Uji Lanjut LSD Dan Duncan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mulsa plastik hitam perak berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tinggi tanaman dan jumlah daun cabai merah dengan Fhitung > Ftabel pada Uji Hipotesis dan Uji Lanjut Duncan..

Article Details

How to Cite
[1]
G. Trenaldi, Y. Sepriani, D. Adam, and I. A. Septyani, “RESPON PENGGUNAAN MULSA PLASTIK HITAM PERAK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum.L) DI PERKEBUNAN AFDELING 2 KECAMATAN BILAH BARAT KABUPATEN LABUHANBATU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 14-18, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Aditya, A., Hendarto, K., Pangaribuan, D., & Hidayat, K. F. (2013). Pengaruh Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak Dan Jerami Padi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) Di Dataran Tinggi. Jurnal Agrotek Tropika, 1(2),147–152. https://doi.org/10.23960/jat.v1i2.1986
Bps. (2015). Produksi Cabai Besar, Cabai Rawit, dan Bawang Merah Tahun 2014. Badan Pusat Statistik Kabupaten Labuhanbatu Utara.
Kamasari, A. P., Pertanian, F., & Jember, U. M. (2016). Efektivitas Penggunaan Jenis Mulsa Dan Kerapatan Tanaman Terhadap Produksi Buncis Varietas Blue Lake.
Sahrain, Z., Musa, N., & Pembengo, W. (2018). Respon tanaman cabai merah (Capsicum annuum L.) berdasarkan aplikasi mulsa jerami padi, cangkang telur dan mulsa plastik hitam perak. Jatt, 7(3), 343–350.
Susanti, A. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Mulsa Plastik dan Produksi Tanaman Cabai Merah Besar ( Capsicum annum L .).
Telaumbanua, S. F. (2018). Respons Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.) Terhadap Pemangkasan Pucuk Dan Pemberian Berbagai Jenis Mulsa. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara, 44–48.
Wahyudi, I. (2019). Penerapan Teknologi Mulsa Plastik Hitam Perak Pada Peningkatan Produksi Tanaman Cabai Merah Besar Di Desa Bonto Marannu Kecamatan Uleere Kabupaten Bantaeng. In Skripsi.