PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN

Main Article Content

Nurhidaya Fithriyah Nasution Febriani Hastini Nasution Muhammad Syahril Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2021 di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester II Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa. Sampel penelitian ini diambil atau ditentukan dengan teknik Total Sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain one group pre test-post test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata penerapan pembelajaran berbasis masalah adalah 3,00 dengan kategori “baik”. Adapun nilai rata-rata hasil belajar sebelum diterapkan pembelajaran berbasis masalah adalah 55,13 berkategori “cukup” dan nilai rata-rata hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran berbasis masalah adalah 75,5 berkategori “baik”. Berdasarkan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis, diperoleh thitung = 14,86 dan ttabel = 1,70 pada taraf kesalahan 5%. Hal ini terlihat dari thitung lebih besar dari ttabel (14,86>1,70). Artinya hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah strategi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Nasution, F. Nasution, and M. Harahap, “PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 579-582, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.