PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGANMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) DI KELAS III SDNEGERI 101270 PADANG BOLAK TENGGARA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Main Article Content

Nursanti Siregar Nurbaiti . Weni Aulia Afdhal Ilahi

Abstract

Hasil observasi melakukan pengamatan dan wawancara dengan guru-guru khususnya guru di SDNegeri 101270 Padang Bolak Tenggara,pembelajaran yang dilakukan pada kelas awal SD masih terpisah-pisah  berdasarkan mata pelajaran dan guru belum mengaitkan satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan mengembangkan pembelajaran tematik dengan model kooperatif tipe STAD pada peserta didik di kelas III SD SD Negeri 101270 Padang Bolak Tenggara. Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan sumber belajar dan peserta didik dengan guru. Kegiatan pembelajaran akan bermakna bagi peserta didik jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi peserta didik. Jenis Penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.penelitian tindakan kelas terdiri atas komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pembelajarn tematik dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD pada siklus II sudah berjalan dengan baik, karena pada siklus I praktisi sudah mencapai tujuan dengan jelas sehingga pembelajaran terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Siregar, N. ., W. Aulia, and A. Ilahi, “PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGANMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) DI KELAS III SDNEGERI 101270 PADANG BOLAK TENGGARA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 590-592, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi dkk.2006.Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV.
Dahar, dan Ratna Wilis.2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung:
Erlangga.
Daryanto. 2009.Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikkan. Jakarta: depdiknas.