PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM PEMBELAJARAN READING COMPREHENSION

Main Article Content

LOLLO ROSA LUBIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kemampuan membaca mahasiswa IPTS semester 2 tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode quasi experimental (one group pretest posttest desain). Berdasarkan hasil tes, kemampuan membaca sebelum dan sesudah menggunakan TGT diperoleh, a) nilai mean, median, modus, mengalami peningkatan dan berbanding terbalik dengan standard deviasi yang mengalami penurunan dan b) grafik histogram juga menunjukkan kategori baik (good) dan sangat baik (very good) mengalami peningkatan sebaliknya kategori cukup, kurang dan gagal mengalami penurunan. Selanjutnya berdasarkan inferesial statistik dengan menggunakan ttest one tail diperoleh nilai thitung  lebih besar dari pada ttable (10.54>1.70). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kemampuan membaca mahasiswa IPTS semester 2 tahun akademik 2017/2018.


                                                   


Key words: TGT dan kemampuan membaca

Article Details

How to Cite
[1]
L. LUBIS, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM PEMBELAJARAN READING COMPREHENSION”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 1, p. 35, Jul. 2018.
Section
Artikel