PENGARUH TEAMWORK DAN LOCUS OF CONTROL (LOC) TERHADAP KINERJA DOPUSBEKTIM DALAM MENDUKUNG KESIAPAN LOGISTIK KOARMADA II

Main Article Content

Endi Esmoyo

Abstract

Peran TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut sangat dibutuhkan untuk melaksanakan tugas operasi militer perang maupun operasi militer selain perang. Keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut bergantung pada postur TNI AL yang terintegrasi ke dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) terdiri dari pangkalan, pesawat, kapal perang, dan marinir serta didukung oleh sistem logistik memadai dari pangkalan-pangkalan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain penggunaan teknologi yang modern, TNI AL juga memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia yang sinergis dalam mendukung kinerja kesiapan logistik Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) melalui Depo Pusat Pembekalan Timur (DOPUSBEKTIM). Dopusbektim melaksanakan pembinaan terhadap seluruh personelnya untuk meningkatkan kinerja dan pemahaman personel dalam rangka mencapai keberhasilan tugas secara efektif dan efisien. Penelitian ini menganalisis pengaruh teamwork dan locus of control sebagai faktor yang mendukung kinerja personel di Dopusbektim untuk kesiapan logistik Koarmada II, melalui metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatoris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa masih belum optimalnya kinerja personel di Dopusbektim Koarmada II sehingga perlu adanya teamwork dan locus of control untuk meningkatkan kinerja personel. Dopusbektim perlu untuk melakukan upaya melalui pelaksanaan kegiatan secara berkala dalam rangka meningkatkan kinerja personel dalam hal teamwork dan locus of control sehingga dapat mendukung kesiapan logistik Koarmada II secara optimal.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Esmoyo, “PENGARUH TEAMWORK DAN LOCUS OF CONTROL (LOC) TERHADAP KINERJA DOPUSBEKTIM DALAM MENDUKUNG KESIAPAN LOGISTIK KOARMADA II”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 405-408, May 2022.
Section
Artikel

References

Ojong, P.K. (2005). Perang Eropa Jilid II. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Setijono, E. (2008). Kemampuan dukungan logistik pangkalan TNI Angkatan Laut dan implikasinya terhadap ketahanan wilayah (Studi di dinas pembekalan pangkalan utama TN AL V) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Rotter J.B. (1996) Generalized Expectancies for Internal Versus External Control of Reinforcement. Psychological Monographs, 80 Whole no.69.