PENGARUH LITERASI DIGITAL SISWA DAN KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGRI BENDA

Main Article Content

Raden Rizky Helmi Aldini Udan Kusumawan Budi Santoso

Abstract

Perubahan mendasar dalam bidang pendidikan terjadi selama pandemi Covid-19. Dalam aktifitas pembelajaran khususnya, terjadi perubahan signifikan dari pembelajaran klasikal tatap muka menjadi pembelajaran virtual dengan memanfaatkan tekhnologi. Dalam pelaksanaanya hal ini memunculkan beberapa masalah baru seperti rendahnya minat belajar siswa. Meskipun penelitian terkait minat belajar siswa pada masa pandemi telah banyak diteliti akan tetapi masih sedikit yang berfokus pada literasi digital dan keterlibatan orang tua terutama pada siswa sekolah dasar. Dalam mengisi kesenjangan tersebut, penelitian ini mencoba untuk mengetahui apakah literasi digital siswa dan keterlibatan orang tua dapat menjadi faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap 49 responden siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negri Benda, data yang diperoleh dianalisis dengan smart PLS 3.0. Temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara literasi digital terhadap minat belajar siswa dengan nilai SEM sebesar 0,463. Kemudian keterlibatan orang tua juga memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar siswa dengan nilai SEM sebesar 0,423. Selanjutnya literasi digital dipengaruhi secara positif oleh keterlibatan orang tua dengan niali SEM sebesar 0,588. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa terdapat pengaruh tidak langsung antara keterlibatan orang tua dan minat belajar melalui litersi digital. Hasil perhitungan statistik dalam penelitian ini minat belajar dapat terpengaruh oleh keterlibatan orang tua melalui literasi digital siswa, yang berarti literasi digital siswa dapat membantu menentukan besar atau kecilnya pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat belajar siswa dengan nilai SEM sebesar 0,272. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran bahwa literasi digital dan keterlibatan orang tua merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pemangku kepentingan sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring dimasa pandemi.

Article Details

How to Cite
[1]
R. R. Aldini, U. Kusumawan, and B. Santoso, “PENGARUH LITERASI DIGITAL SISWA DAN KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGRI BENDA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 409-414, May 2022.
Section
Artikel

References

Anti, R. H., Astuti, A. P., & Hermanto, B. (2011). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Kimia, Pendidikan Muhammadiyah, Universitas Pendahuluan. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammidayh Semarang, 307–311.
Cumming, J. J. (2013). Parental Involvement on Children’s Education.
Davidson, C. (2012). Seeking the green basilisk lizard: Acquiring digital literacy practices in the home. Journal of Early Childhood Literacy, 12(1), 24–45. https://doi.org/10.1177/1468798411416788
EKDO | Home. (n.d.). Retrieved July 29, 2021, from http://ekdo.ut.ac.id/home-mahasiswa
Ghozali & Latan. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Edisi 2 (Vol. 2). Universitas Diponogoro.
Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109(November 2019), 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
Kemdikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 2019, 1–58. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (n.d.). Retrieved July 27, 2021, from https://kominfo.go.id/content/detail/33924/siaran-pers-no123hmkominfo042021-tentang-menteri-johnny-luncurkan-gerakan-nasional-literasi-digital-untuk-124-juta-masyarakat/0/siaran_pers
Kumala, F. N., Nita, C. I. R., Yasa, A. D., Ghufron, A., Pujiastuti, P., & Rahayu, C. P. (2021). Digital Literacy Analysis of Elementary-School Students in Malang. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020), 542(Ancosh 2020), 126–130. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.030
Munawar, M., Fakhruddin, RC, A. R., & Titi Prihatin. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pascasarjana 2019 Issn: 2686-6404, 1–5.
Ristiani, E. P. (2015). Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan Iii. 5. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1401411183-s.pdf
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan …. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1846
Safitri, L. K. (2020). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Online Di Sd Negeri 5 Metro Pusat. IAIN METRO.
Sarahutu, M. G. (2020). Covid-19 Skripsi. Pembelajaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Di Tengah Covid-19 Skripsi, 1 of 140.
The Digital Competence Framework 2.0 | EU Science Hub. (n.d.). Retrieved August 24, 2021, from https://ec.europa.eu/jrc/en/digcomp/digital-competence-framework
Tutorial Partial Least Square dalam PLS SEM - Uji Statistik. (n.d.). Retrieved October 23, 2021, from https://www.statistikian.com/2021/04/tutorial-partial-least-square-dalam-pls-sem.html
Wiedarti, Pangesti; Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri;, Rahmawan, N., Rahayu, S. R., Yusuf SA, A., & Antoro, B. (2019). Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar.
Yanto, N., Wahyuningsih, S., & Suharno. (2021). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar di Rumah Sebagai Dampak Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 52–57.