IMPLEMENTASI METODE ILHAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN

Main Article Content

Elfa Muliatama Hanifuddin .

Abstract

Metode ILHAM (Intregated, Listening, Hand, Attention, Matching) adalah kolaborasi dari jenis kepintaran, penggunaan indra pendengar, pengelihatan, lisan, dan tingkah dengan pola dengan  memperhatikan dan menyamakan guna tujuan hafalan yang maksimal. Ada tiga permasalahan dalam penelitian, yaitu 1) Bagaimanakah kualitas hafalan al-Qur’an di SMP al-Furqon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang, 2) Bagaimana implementasi Metode Ilham dalam menghafal al-Qur’an di SMP al-Furqon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Metode Ilham dalam menghafal al-Qur’an di SMP al-Furqon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Penelitian disinimemakai kualitatif, penelitian kualitatif bertujuan guna mengetahui kejadian yang rasakandari subjek peneliti contohnya ketika menerapkan metode ILHAM, kualitas hafalan al-Qur’an, factor pendukung dan penghambat dari implementasi metode ILHAM di SMP al-Furqon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang.Hasil dari penelitian tentang Metode ILHAM Sebagai Cara Menghafal al-Qur’an Di SMP al-Fur’qon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang, sudah sangatbagus dan terarah. Hal tersebut tercermin dari murid yang sebelum mempunyai hafalan atau mempunyai hafalan tetapi hanya sedikit, dengan adanya penerapan metode ILHAM ini dapat memudahkan siswa yang sedang berproses menghafal al-Qur’an.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Muliatama and H. ., “IMPLEMENTASI METODE ILHAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 421-428, May 2022.
Section
Artikel

References

Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
al-Ghautsani, Yahya bin Abdurraq. (2016).Cara Mudah dan Cepat Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i
Al-Hafidz, Ahsin W. (2006)Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara
al-Hafidz, Wajihudin. (2016).Misi al-Qur’an. Jakarta: Amzah
Arifin, Zainal. (2012).Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah. (2015).Revolusi Menghafal al-Qur’an Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup. Solo: Insan Kamil
Dawam, Ainurrafiq & Ahmad Ta’arifin. (2008). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Sapen: Listafariska Putra
Dimyati, M. Fathoni. (2012).Memilih Metode Menghafal al-Qur’an Yang Baik dan Upaya Huffazhul Qur’an yang Sempurna. Mojokerto: PP. Bidayatul Hidayah
Hakim, Lukman & Ali Khosim. (2016).Metode Ilham Menghafal al-Qur’an Serasa Bermain Game. Bandung: Humaniora
Kementrian Agama Republik Indonesia Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019).Al-Qur’an al-Karim
Kurniawan, Andri, Ali Ridho, Budi Santoso, Fajrul Ali, (2021).KH. Muhammad Yusuf Masyhar Cahaya Qur’an Dari Jombang. Lamongan: CV. Belibis Pustaka Group
Manna Khalil al-Qattan, (2016).Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Bogor: Litera AntarNusa
Mardiyah. (2015).Kepemimpinan Kiai Dalam Memelihara Budaya Organisasi. Jogja: Aditya Media Publishing
Moleong, Lexy J. (2016).Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Muhammad, Ahsin Sakho. (2018).Menghafalkan al-Qur’an. Jakarta: PT Qaf Media Kreativ
Sa’dullaoh, (2021).9 Cara Praktis Menghfal al-Qur’an edisi Revisi. Jakarta: Gema Insani
Salim,Agus.(2006).Teori dan Penelitian Paradigama”, (Yogyakarta: Tiara Wacana
Sugiyono. (2016)Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Zen, A. Muhaimin & Akhmad Mustafid. (2006). Bunga Rampai Mutiara al-Qur’an Pembinaan Qari Qari’ah dan Hafizh Hafizhah. Jakarta: PP. Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffazh
Zen, A. Muhaimin. (2012).Metode Pengajaran Tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren, Tsanawiyah, Aliyah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Trans Pustaka