METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII-1 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Ernawati .

Abstract

Telaah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran Brainstorming mampu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa di tingkat sekolah menengah pertama. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas VII-1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) daring yang bersifat kualitatif dan dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, dengan menggunakan analisis dokumen dan observasi kelas untuk mengumpulkan data. Data selanjutnya dianalisis dan ditelaah berdasarkan teori model pembelajaran Brainstorming dan teori belajar yang lain yang relevan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa Metode Brainstorming mampu meningkatkan hasil belajar Matematika di Kelas VII-1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Kegiatan pembelajaran dengan implementasi Metode Brainstorming untuk pembelajaran tentang himpunan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Matematika. Kemampuan guru yang maksimal dalam menjelaskan penyelesaian soal Matematika mampu membuat siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi. Masih diperlukan penelitian lain yang relevan dan dalam skala yang lebih besar sehubungan dengan topik di atas, untuk memperoleh hasil yang jauh lebih memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. ., “METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII-1 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 443-446, May 2022.
Section
Artikel

References

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2020). PP Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat COVID-19. Jakarta: Depdiknas.
Djaramah, S., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jannah, W., Martaningsih, S. T., & Sukardi. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Daring pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Bantul Kota Melalui Model ‘Zoo Wa Zoo.’ Disampaikan dalam Prosiding Pendidikan Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang https://scholar.google.coid
Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.
Puspitasari, W. F., Martaningsih, S. T, & Sukardi3 (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Turi 3 Melalui Media Power Point. Disampaikan dalam Prosiding Pendidikan Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang https://ojs.umn.acid.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wiriatmaja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.