OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PKN DENGAN METODE PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DI KELAS IX-1 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Rita Berlian Batubara

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini diselenggarakan secara daring untuk mencari tahu bagaimana implementasi model pembelajaran Prediction Guide mampu mengoptimalisasi hasil belajar PKn di Kelas IX-1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan diselenggarakan dalam dua siklus penelitian dengan 27 siswa sebagai partisipan. Peneliti sendiri bertindak sebagai partisipan-observer. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi dan analisis dokumen, dan temuan selanjutnya dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori-teori yang relevan yang dijelaskan dalam penelitian. Penelitian ini menyimpulkan hal-hal sebagai berikut. Implementasi metode pembelajaran Prediction Guide mampu meningkatkan hasil belajar PKn di Kelas IX-1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Implementasi metode pembelajaran Prediction Guide meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun demikian, guru yang berminat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran daring yang mengaplikasikan metode Prediction Guide perlu melakukan persiapan memaksimal terkait bahan ajar dan fasilitas internet. Dalam mengimplementasi metode pembelajaran Prediction Guide, guru sebaiknya tidak memberikan alternatif jawaban yang terlalu mudah untuk diprediksi siswa. Penelitian lain yang relevan terkait isu-isu tersebut masih sangat disarankan untuk memperoleh hasil yang jauh lebih memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Batubara, “OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PKN DENGAN METODE PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DI KELAS IX-1 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 455-459, May 2022.
Section
Artikel

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10 (3) 282-289 https://ejournal.uksw.edu
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2013). Kurikulum 2013 untuk SMP dan MTsn. Jakarta: Depdiknas.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (3) https://journal.unesa.ac.id
Istarani. (2011). 58 model Pembelajaran Inovatif. Medan: Kepala Balai Diklat Keagamaan.
Jannah, W., Martaningsih, S. T., & Sukardi. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Daring pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Bantul Kota Melalui Model ‘Zoo Wa Zoo.’ Disampaikan dalam Prosiding Pendidikan Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang https://scholar.google.co.id
Masnur, M. (2006). KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Wardhani, I. G.A.K. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Aplabeta.
Wiriatmaja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.