UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN DENGAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN DARING)

Main Article Content

Zaitun .

Abstract

Telaah ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Kooperatif Jigsaw mampu meningkatkan motivasi belajar IPA siswa di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Telaah kualitatif ini merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) daring yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, dengan 32 siswa sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data berupa telaah dokumen, observasi lapangan dan analisis rekaman vidio pembelajaran. Hasil temuan dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori-teori yang dikemukakan dalam penelitian. Selanjutnya, penelitian ini membuktikan bahwa impelementasi model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar IPA di Kelas IX-4 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Kelompok Ahli memudahkan guru dalam memanajemen kelas. Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw mengarahkan siswa menjadi lebih berani dalam menyampaikan ide atau pikiran, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan rasa tanggung-jawab. Akan tetapi, Kelompok Ahli dalam pembelajaran tipe Jigsaw berpotensi mendominasi kegiatan belajar. Pembelajaran daring memerlukan persiapan pengadaan fasilitas internet yang memadai. Masih diperlukan penelitian lain yang relevan untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
Z. ., “UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN DENGAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN DARING)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 460-464, May 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Depdiknas. (2006). Kurikulum IPA 2005 untuk Sekolah Menegah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta Depdiknas.
Depdiknas. (2013). Kurikulum IPA 2013 untuk Sekolah Menegah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.
Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom di SD Negeri 77 Palembang. JURNAL INOVASI SEKOLAH DASAR 7(2) https://ejournal.unsri.ac.id
Hadi, S. (1981). Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitaa Gajah Mada: Yoyakarta.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Muchlis. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibbinsyah. (1995). Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Konsep Ilmiah. Purwodadi. CV. Sarnu Untung.
Purwanto, P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling 2(1). https://ummaspul.e-journal.id
Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Bandung: Mulia Mandiri Press.
Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2) 214-224 Available online at: https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Sugiyono. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alpabeta.
Zaini. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insani Mandiri.