SURVEY KARAKTER KEPEMIMPINAN EFEKTIF DALAM BUDAYA BATAK (STUDI EKSPLORASI DI RUMAH SAKIT GRANDMED LUBUK PAKAM)

Main Article Content

Viktor Edyward Marbun Muhammad Syahril Harahap Darwin Darwin

Abstract

Kemampuan dan keterampilan dari seorang pimpinan adalah faktor penting dalam memotivasi pegawainya agar lebih bekerja dengan baik. Rujukan dalam memimpin ini sangatlah banyak termasuk kepemimpinan etnik seperti budaya batak. Misalnya kepala suku, ada pula sistem kerajaan seperti sultan, raja Sistem kepemimpinan masyarakat batak Toba, berdasar kepada stratifikasi sosial yang diwarisi secara turun temurun.  Selain itu, secara khusus, aspek kepemimpinan dalam budaya batak biasanya  diurai melalui unsur pantun atau umpasa dalam budaya batak. Pemimpin otentik adalah pemimpin nyata dirasakan rakyat dalam perikehidupannya sehari-hari. Bukan hanya sekadar nama tanpa peran nyata melindungi, mengayomi, mengarahkan, menginspirasi, menularkan spirit optimisme, serta memberi rasa aman dan nyaman bagi yang dipimpin. Karena pentingnya melihat bagaimana pemimpin di RS Grandmed Lubuk Pakam yang menjadikan RS ini sebagai salah satu RS tereksis di Lubuk Pakam Bahkan Sumatera Utara. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi untuk menjawab pertanyaan penulis melalui cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian tersebut. Yang menjadi informan adalah orang yang benar-benar sudah memahami betul karakter pemimpin di RS ini. Kemudian dianalisis dengan proses Redusi Data, Penyajian Data dan Verifikasi Data. Dengan hasil kepemimpinan LT,KG dan PH di RS Grandmed Lubuk pakam sangat kental penekanan tiga prinsip batak yaitu: 1) Dijolo siihuthonon yang menekankan pemimpin yang berkarakter menjadi contoh untuk setiap anggota. 2) dipudi sipaimaon bermakna dibeakang ditunggu, pada konsepnya seorang pemimpin harus memiliki sifat selalu di nantikan oleh para anggotanya. dan 3) ditonga-tonga siharungguon  bermakna ditengah dikerumuni yang menekankan untuk berbaiklah kepada sesama manusia. Konsep karakteristik kepemimpinan ditonga-tonga siharungguon berarti untuk merumuskan suatu hal harus berdasaran diskusui bersama dan pemimpin menjadi pusatnya.

Article Details

How to Cite
[1]
V. Marbun, M. Harahap, and D. Darwin, “SURVEY KARAKTER KEPEMIMPINAN EFEKTIF DALAM BUDAYA BATAK (STUDI EKSPLORASI DI RUMAH SAKIT GRANDMED LUBUK PAKAM)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 562-566, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Adair, John, 2008. Kepemimpinan yang memotivasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
As’ad, Moh, 1986. Kepemimpinan efektif dalam perusahaan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Batak Toba di Medan: Perkembangan Identitas Etno-Religius Batak toba di Medan, 1912-1965 (Medan: Penerbit Bina Media Perintis)
Don Leech, Charles Ray Fulton, 2008. Education: Faculty perceptions of shared decision making and the principal’s leadership behaviors in scondary schools in a large urban district. Vol. 128, Iss. 4; pg. 630, 15 pgs
Dalihan Na Tolu Nilai Budaya Suku Batak (Medan: CV. Armada)
Masyarakat Dan Hukum Adat Batak Toba (Jakarta: Pusata Azet)
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yukl A. Gary, 1998, Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Prenhallindo
Zamroni, 2007, Meningkatkan Mutu Sekolah : Teori, Strategi dan Prosedur. Jakarta: PASP Muhammadiyah.