KEPEMIMPINAN BERBASIS DALIHAN NA TOLU DALAM SEKOLAH PENGGERAK: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF

Main Article Content

Tobok Luhut Situmorang Frans Hanaekan Rajagukguk Darwin Darwin http://orcid.org/0000-0002-5358-4543

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan persepsi guru-guru dan tenaga kependidikan mengenai model kepemimpinan yang berlandaskan kearifan lokal etnis Batak yakni Dalihan Na Tolu di sekolah penggerak. Penelitian dilakukan pada dua instansi pendidikan yakni UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh dan UPTD SMP Negeri 2 Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non eksperimen yaitu metode deskriptif dengan teknik survei. Terdapat 84 responden yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan dilibatkan dalam penelitian ini untuk memberikan persepsi mereka mengenai kepemimpinan kepala sekolah berbasis kearifan lokal Dalihan Na Tolu melalui angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (lebih dari 85%) guru dan tenaga kependidikan memiliki respon yang positif terhadap kepemimpinan di kedua istansi tersebut. Kepala sekolah menerapkan prinsip-prinsip Dalihan Na Tolu dalam memimpin sekolah penggerak di Kabupaten Batubara. Persentase persepsi cenderung merata yang dinyatakan bahwa kepala sekolah merealisasikan prinsip Somba Marhula-hula, Elek Marboru, dan Manat Mardongan Tubu dalam kepemimpinan mereka di sekolah penggerak.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Situmorang, F. Rajagukguk, and D. Darwin, “KEPEMIMPINAN BERBASIS DALIHAN NA TOLU DALAM SEKOLAH PENGGERAK: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 567-573, Apr. 2022.
Section
Artikel

References

Berdame, J., & Lombogia, C. A. (2020). Merajut Tradisi Di Tengah Transisi: Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Dalam Budaya Mapalus Suku Minahasa. Tumou Tou, 7(2), 128-142. doi:https://doi.org/10.51667/tt.v7i2.458
Charliyan, A. (2017). Memahami Makna Pemimpin dari Kearifan Lokal Nusantara. Retrieved from Universitas Padjadjaran: https://www.unpad.ac.id/2017/09/memahami-makna-pemimpin-dari-kearifan-lokal-nusantara/
Dewi, P. Y., Agung, A. A., & Dantes, K. R. (2019). Kontribusi Implementasi Manajemen Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Kecerdasan Spiritual, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng . Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 66-71. doi:https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2792
Firmando, H. B. (2021). Kearifan Lokal Sistem Kekerabatan Dalihan Na Tolu Dalam Merajut Harmoni Sosial di Kawasan Danau Toba. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 16-36. doi:https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4613
Goodwin, C. J. (2010). Research in Psychology: Methods and Design. Crawfordsville: John Wiley & Sons, Inc.
Harianja, R. F., & Sudrajat, A. (2021). The Local Wisdom of Batak Toba through the Philosophy of Dalihan Na Tolu in a Kinship Environment. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(2), 759-765.
Hidayat, S. (2021). Implikasi dan Konsekwensi Nilai-Nilai Local Wisdom (Kearifan Lokal) Dalam Kepemimpinan di Era Globalisasi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2113-2122. doi:https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.413
Ilham, D., Kaso, N., Aswar, N., & Nurhasanah. (2021). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Karakter Siswa Berbasis Budaya Lokal. ADAARA: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 106-121. doi:10.35673/ajmpi.v11i2.2134
Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kisno. (2014). The Reflection of Character through the Translation of MarTuhan, Marroha, and Marbisuk. International Seminar on Language and Trasnslation (pp. 1-7). Pematangsiantar: Singapore International Press.
Lubis, M. N., Joebagio, H., & Pelu, M. (2021). Eksistensi Dalihan Na Tolu Sebagai Kearifan Lokal Dan Kontribusinya Dalam Pendidikan Karakter. Intelektiva : Jurnal Ekonomi,Sosial & Humaniora, 1(3), 31-38.
Mariana, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.
Maruapey, M. H. (2016). Contribution To Local Wisdom Leadership of The National Policy On Java (Descriptive Study Against Election And Designation of President of The Republic of Indonesia). International Journal of Scientific & Technology Research, 5(6), 254-258.
Matondang, E. R. (2019). Model Kepemimpinan Berbasis Kearifan Lokal Budaya Tapanuli Selatan Dalam Pelaksanaan Supervisi Keperawatan. doi:https://doi.org/10.31219/osf.io/cfnpk
Mendikbudristek. (2021). Kepmendikbud Ristek No. 162 tahun 2021 tentang Program Sekolah Penggerak. Kemdikbudristek .
Munggaran, R. D. (2012). Pemanfataan Open Source Software oleh Mahasiswa dalam Rangka Implementasi UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455
Nichols, W. T., & Rod., E. (2013). Authentic Leadership and Implicit Theory: A Normative Form of Leadership. Leadership & Organization Development Journal, 34(2), 182-195.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal BasicEdu, 6(3), 3639 - 3648. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Priyono, C. D., & Siregar, I. (2021). Degradasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalihan Na Tolu Pada Remaja Di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 9(4), 346-353. doi:https://doi.org/10.37081/ed.v9i4
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business : A Skill-building Approach. Chichester, West Sussex: John Wiley & Sons.
Siahaan, N. (1964). Sedjarah Kebudajaan Batak. Medan: CV. Napitupulu.
Sidabutar, M. M., & Mas’ud, F. (2016). Peran Kepemimpinan Batak (Studi Eksplorasi pada Ganesha Operation Medan). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1-11.
Silaban, P., & Pasaribu, E. R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dalihan Na Tolu Terhadap Pengambilan Keputusan Pada Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara (Studi Kasus Pendistribusian Pupuk Bersubsidi Pada Kabupaten Tapanuli Utara). Medan: Universitas HKBP Nommensen.
Simanjuntak, B. (2002). Konflik Status dan Kekuasaan Orang Batak Toba. Jakarta: Jendela.
Simatupang, D. E. (2017). Kearifan Lokal Dalihan Natolu Sebagai Bingkai Tiga Pilar Pembangunan Berkelanjutan Kawasan Danau Toba. Jurnal Kebudayaan, 12(1), 95-110.
Sinaga, B. (2009). Model Pembelajaran Bermuatan Soft Skills Dengan Pola Interaksi Sosial Dalihan Na Tolu. Generasi Kampus, 2(1), 1-20.
Suaka, I. N. (2018). Sastra Lisan Kearifan Lokal Di Era Global dan Digital. Denpasar: Cakra Press.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suryawan, N., & Gata, I. W. (2020). Catur Pariksa Sebagai Landasan Kepemimpinan Hindu berbasis Kearifan Lokal (Suatu Tinjauan Pustaka). Suluh Pendidikan, 18(2), 225 - 235. doi:https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v18i2.213
Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. Edu Sociata, 60-68.
Widya Pahlevi, A., Sumardjoko, B., & Choiriyah Widyasari. (2022). Penguatan Budaya Terimakasih Dan Meminta Maaf Sebagai Kearifan Lokal Jawa Tengah (Studi Kasus di SD Negeri 15 Mangkubumen Lor Surakarta). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/96526