PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR CETAK TEMATIK UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Main Article Content

Della Gustiani Aunurrahman . Aloysius Mering

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media bahan ajar gambar cetak tematik. Perkembangan kognitif anak usia dini menjadi materi pokok utama dalam bahan ajar yang dikembangkan peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian dan pengembangan  (Research and Development) dengan model desain pengembangan Analysis-Desain-Development-Implementasi-Evaluasi (ADDIE). Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu subjek pengembangan adalah ahli untuk mengukur kelayakan produk dari sisi desain, materi dan media serta yang kedua adalah subjek ujicoba produk untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan. Sebanyak 40 peserta didik kelas TK B usia 5-6 tahun diikutsertakan dalam pelaksanaan implementasi dan evaluasi produk yang dikembangkan. Mengumpulkan data dengan menggunakan panduan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh: (1) Desain media bahan ajar cetak tematik dikembangkan menggunakan model desain ADDIE. Desain media bahan ajar cetak tematik divalidasi oleh tiga orang ahli mencakup validasi desain, materi dan media. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor pada desain 4,05 yang dikategorikan sangat layak; materi 4,11 yang dikategorikan sangat layak; dan media 3,7 yang dikategorikan layak. (2) Profil media pembelajaran yang dikembangkan adalah bahan ajar cetak tematik untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. (3) Efektivitas media bahan diambil dari hasil observasi  pada tahap implementasi dan evaluasi pengguna. Perolehan skor adalah hasil dari uji coba kelompok kecil 3,2; ujicoba kelompok sedang 3,6; dan ujicoba kelompok besar 3,7 dikategorikan layak. Evaluasi diperoleh skor 88 % dikategorikan sangat baik.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Gustiani, A. ., and A. Mering, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR CETAK TEMATIK UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 505-512, May 2022.
Section
Artikel

References

Aunurrahman. (2019). Penelitian Kualitatif dan Kuanitatif. Fahruna Bahagia.
Badriah. (2015). Efektivitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Vol.1 No.1, Februari 2015 / ISSN 2442-2991
Hamalik, oemar., (2009), Proses Belajar Mengajar, penerbit PT bumi Aksara, Jakarta
Miratul, H., & Sigit, P. (2019). . Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. In Rajawali Pers. Rajawali Pers. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. In Unp press penerbit UNP press padang. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Sa'ud,Udin Syaefudin. 2018. Inovasi Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabeta
Setyosari, Punanji. 2020. Desain Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara Sinar Grafika Offset.
Suryani, Nunuk dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, S. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Media Prestasi Jurnal Pendidikan STKIP PGRI Ngawi, 5(1).