PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelian yang digunakan yaitu nonequivalen control group design. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, yakni siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dansiswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran matematis.Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data: analisis data kualitatif, yang terdiri dari tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan rata hasil belajar siswa pada saat posttest diperoleh kelas eksperimen mendapat 77,66, sedangkan pada kelas kontrol 62,87. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik.
Article Details
References
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud
NCTM.2000.Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Councilof Teachers of Mathematics.
Sugiyuno, 2015.Statistika untuk Penelitian.Cetakan ke-26. Bandung:Alfabet
Van De Walle, John. A. 2008. Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Erlangga.