PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOROO

Main Article Content

Toroziduhu Waruwu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model Think Pair Share menggunakan media gambar seri dan model Think Pair Share tanpa media pembelajaran pada materi Sistem Gerak Manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moroo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Posttest Only Control Design menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A diajar dengan model Think Pair Share menggunakan media gambar seri dan kelas VIII B diajar dengan model Think Pair Share tanpa media. Hasil belajar kognitif diukur dengan posttest, hasil belajar psikomotor dan afektif diukur dengan rubrik penilaian psikomotor dan rubrik penilaian afektif. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji t pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitnei U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model Think Pair Share dengan media gambar seri lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share tanpa media.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Waruwu, “PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOROO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 538-541, May 2022.
Section
Artikel

References

Angkowo, R dan Kokasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Lord. T. 2001. 101. Reason For Using Cooperative Learning In Biology Teaching. Journals. The American Biology Teacher. 63(1). 31-34.
Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media
Mussen. 1989. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan.
Prasetio, B dan Jannah, L, M. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prayitno. 2005. Sosok Keilmuan Ilmu Pendidikan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Padang.
Rudi, S dan Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.
Sudjana, N dan Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Waruwu, T. 2018. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Moroo. Jurnal Education and development. 5 (1). 22-25. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/367/185