PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI IPA FISIKA SISWA PADA PENILAIAN SIKAP DAN PENILAIAN KINERJA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA SOLOK

Main Article Content

Lia Purnama Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demonstrasi terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa dalam model pembelajaran problem based instruction (PBI) di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa rubrik penilaian untuk penilaian sikap dan penilaian kinerja. Berdasarkan data yang didapatkan pada penilaian sikap diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,59% lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 70,61%. Sedangkan penilaian kinerja diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 78,48% lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 77,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap pencapaian kompetensi IPA fisika siswa pada penilaian sikap dan penilaian kinerja di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Sari, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI IPA FISIKA SISWA PADA PENILAIAN SIKAP DAN PENILAIAN KINERJA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA SOLOK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 1, p. 42, Jul. 2018.
Section
Artikel