PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 17 PANGKEP

Main Article Content

Rusalam . Elpisah . Muhammad Fahreza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 17 Pangkep, (2) gambaran kinerja guru di SMAN 17 Pangkep, dan  (3) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 17 Pangkep. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, sehingga sampel penelitian sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data digunakan adalah penyebaran angket dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase serta analisis inferensial dengan menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis (uji-t).   Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 17 Pangkep berada pada kategori cukup baik, dimana secara deskriptif diperoleh nilai persentase sebesar 37,5 %, (2) gambaran kinerja guru di SMAN 17 Pangkep berada pada kategori baik, dimana secara deskriptif diperoleh nilai persentase sebesar 43,8 %, dan (3) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 17 Pangkep, dimana diperoleh nilai probabilitas lebih kecil daripada taraf signifikan (0,006 < 0,05).

Article Details

How to Cite
[1]
R. ., E. ., and M. Fahreza, “PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 17 PANGKEP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 608-611, May 2022.
Section
Artikel

References

5. REFERENSI
Alma, B. (2014). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Atmodiwiro, S. (2003). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya
Barnawi & Arifin. M. (2011). Kinerja Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Barnawi & Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional Pembinaan. Peningkatan dan Penilaian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Barizi, A, (2009). Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Karsiyem, N.W. (2015). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3 (2). https://journal. uny.ac.id/index. php/jamp/ article/ view/6337/6350.
Khoeriyah. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SMP IT Yaspida Sukabumi. Jurnal Ta’dibi Volume 5 (2). https:// ojs. unida.ac.id/JTM/article/view/344.
Lawuningtyas, L.A. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis: IAIN Ponorogo.
http://etheses.iainponorogo.ac.id/4808/3/212214014%20luky%20arum%20lawuningtyas.pdf
Mangkunegara, A.P. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, volume 4 (1). https://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7532
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sirna Baru,
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.