HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA SLTA DI PURBALINGGA

Main Article Content

Rakhma Nugraheni Nanang Martono Elis Puspitasari

Abstract

Artikel ini menjelaskan hubungan status sosial ekonomi keluarga dan tingkat kedisiplinan siswa SLTA di Purbalingga Jawa Tengah. Tujuan artikel ini adalah menjelaskan hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan tingkat kedisiplinan siswa SLTA di Purbalingga. Penelitian ini dilakukan di SMA dan SMK di Purbalingga menggunakan metode survei dengan teknik sampel acak sederhana sejumlah 271 responden. Metode pengolahan data menggunakan uji korelasi tau kendal. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat hubungan negatif status sosial ekonomi keluarga dengan tingkat kedisiplinan dengan nilai korelasi sebesar -0,007 dan nilai signifikansi 0,912. Artinya, tingkat kedisiplinan siswa dari kelas atas cenderung lebih rendah daripada siswa dari kelas bawah. Nilai hubungan antarvariabel yang sangat rendah (0,007) menunjukkan bahwa status sosial ekonomi keluarga tidak menjadi faktor utama penentu kedisiplinan siswa. Ada banyak faktor lain yang menentukan kedisiplinan siswa, seperti: teman sebaya, motivasi diri, dan lingkungan sekolah. Teman sebaya menjadi salah satu agen sosialisasi di luar keluarga yang dapat memengaruhi seseorang untuk bertindak. Selain itu motivasi yang datang dari diri sendiri juga dapat memengaruhi bagaimana kedisiplinan individu tersebut apakah memiliki motivasi diri untuk disiplin atau justru tidak memiliki motivasi dan cenderung malas. Lingkungan sekolah sebagai agen sosialisasi selain keluarga juga turut membentuk kedisiplinan siswa melalui peraturan yang ada.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Nugraheni, N. Martono, and E. Puspitasari, “HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA SLTA DI PURBALINGGA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 65-72, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smp Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/48
Ardiyansyah, H., Prima, B., Hermuttaqien, F., & Bomans Wadu, L. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/jmk
Astuti, W. Y. (2016). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMK YPKK 3 SLEMAN. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Bara, D., Lasut, J. J., & Goni, S. Y. V. I. (2018). PERAN DISIPLIN MASYARAKAT DALAM MENJAGA BUDAYA HIDUP BERSIH TERHADAP LINGKUNGAN (Suatu Studi di Desa Tuabatu Kecamatan Tampan Amma Kabupaten Talaud). HOLISTIK, XI(21).
Fitriani, & Karim, A. (2017). PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN RELASI SISWA DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SMPN 4 RUMBIO JAYA. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntans, 5(1), 96–104.
Hamzah, F. (2020). THE RELATIONSHIP BETWEEN THE INFLUENCE OF PEOPLE ’ S PEOPLE ON LEARNING DISCIPLIN. (1983). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109568
Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orang tua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula, 1(2), 20–29.
Helvetia, K., Helvetia, M., Alfikri, N., Hidayat, W., Girsang, V. I., Studi, P., … Indonesia, M. (2018). MEMBUANG SAMPAH DI LINGKUNGAN IV KELURAHAN HELVETIA KECAMATAN MEDAN HELVETIA TAHUN 2017. Jurnal Riset Hesti Medan, 3(1), 10–20.
Indarti, T. (2018). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar dan Disiplin Belajar Siswa SMA Negeri 2 Boyolali.
Khadijah, S., Suarman, & Indrawati, H. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. 1–12.
Khalida, C., Hasmunir, & Abdi, A. W. (2018). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP IT LUQMANUL HAKIM KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 3, 291–298.
Margani, S., Martono, N., & Puspitasari, E. (2021). POTRET SI FAHMI: SISWA KAYA YANG GAGAL BERPRESTASI FAHMI’s POTRAIT: A RICH STUDENT FAILING HIS SCHOOL Sintia Margani 1 , Nanang Martono 2 , Elis Puspitasari 3. Jurnal Sosiologi Nusantara, 7(1), 17–36.
Ni’mah, ‘Umdatun, & Setyawan, D. A. (2021). ONLINE LEARNING : ANALISIS FAKTOR PENURUNAN DISIPLIN PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 ‘ Umdatun Ni ’ mah Institut Agama Islam Negeri Kudus David Ari Setyawan Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disebut dengan Covid-19 telah menjadi pandemi. Jurnal Paedagogia, 10(1), 33–48. Retrieved from http://jurnalpaedagogia.com/index.php/pdg/article/view/134/65
Martono, N. (2010). Statistik Sosial Terori dan Aplikasi Program SPSS . Yogyakarta: Gava Media.
Prasetyo, H., & Susanto, A. (2015). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAPIAN SISWA KELAS X SMK. Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 06(01), 89–94.
Rahayu, W. (2011). Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 65–71.
Rowi, M. (2019). Pengaruh status Sosial Ekonomi Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Tingkat SLTA di MTs se Kecamatan Kwanyar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(1), 18–25. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n1.p18-25
Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas Xi Di Sma Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 1. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.1
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.