APLIKASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM KEGIATAN MEMBACA TEKS NARATIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POSITIF SISWA DI KELAS IX-1 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Agusrin Sikumbang

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini diselenggarakan untuk mencari tahu bagaimana aplikasi pembelajaran Saintifik dalam belajar membaca teks Naratif mampu meningkatkan partisipasi positif siswa dalam belajar Bahasa Inggris di Kelas IX-1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian dengan partisipan sebanyak 24 siswa serta peneliti sendiri sebagai partisipan-observer. Teknik mengumpulkan data adalah melalui observasi dan analisis temuan, dan temuan selanjutnya dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori-teori yang relevan. Penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan aplikasi pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Bahasa Inggris mampu meningkatkan partisipasi positif siswa dalam mengikuti kegiatan belajar membaca Fairy Tale di Kelas IX-1 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Kemampuan siswa dalam kerjasama kelompok sangat dipengaruhi heteregonisme anggota kelompok. Pendekatan Saintifik mengarahkan siswa lebih percaya diri dalam bertanya, mengemukakan pendapat dengan baik dan benar, mampu mencari informasi dengan tertib dan melakukan presentasi yang bertanggung-jawab. Guru yang mengimplementasi pendekatan Saintifik tidak seharusnya bertindak sebagai pemberi informasi saja dalam kegiatan belajar, akan tetapi guru juga harus mampu bertindak sebagai motivator, kolaborator, inspirator dan model yang baik untuk mengembangkan dan membina karakter positif dalam diri siswa. Penelitian yang lebih jauh sehubungan dengan tema-tema di atas masih perlu dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sikumbang, “APLIKASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM KEGIATAN MEMBACA TEKS NARATIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POSITIF SISWA DI KELAS IX-1 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 638-642, May 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2013). Kurikulum Bahasa Inggris 2013 untuk Sekolah Menegah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Depdiknas.
Puspitasari, W. F., Martaningsih, S. T, & Sukardi. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Turi 3 Melalui Media Power Point. Disampaikan dalam Prosiding Pendidikan Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Semiawan, C. & Munandar, S. (1984). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.
Sugiono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alpabeta.
Suwartini. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Powerpoint di Sekolah Dasar Suwartini. JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah 1(1) 62-72. Available at: http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam perspektif Teori dan Praktik: Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Pembinaan Karakter. UNY Press: Yogyakarta