RANCANGAN E-LEARNING DENGAN LMS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMA NEGERI 1 RENGAT
Main Article Content
Abstract
E-Learning (Electronic learning) merupakan salah satu sarana pembelajaran yang menggunakan media elektronik. Dengan adanya e-learning maka siswa akan lebih aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta mengimplementasikan e-learning menggunakan LMS Moodle untuk membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Rengat. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall (air terjun), yang dimulai dari perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan. Perancangan sistem menggunakan use case diagram. Software yang digunakan dalam perancangan ini yaitu moodle 3.11.1 dan XAMPP 3.2.4. E-Learning yang telah dirancang kemudian diimplementasikan dan dilakukan pengujian terhadap sistem tersebut. pengujian dilakukan dengan menggunakan kuesioner Sistem Usability Scale (SUS). Responden dalam penelitian ini yaitu user e-learning (guru dan murid). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu stratified random sampling, dengan jumlah responden 92 orang. Berdasarkan perhitungan kuesioner SUS terhadap e-learning SMAN 1 Rengat, didapatkan hasil akhir yaitu XX dengan huruf B. dengan demikian disimpulkan bahwa e-learning tersebut dapat digunakan dengan baik dalam membantu kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Rengat, Riau.
Article Details
References
[2]Azora, P. 2021. “Analisa Quick Qount Dengan Menggunakan Metode Stratified Random Sampling Studi Kasus Pemilu Gubernur Kalimantan Barat 2018”. 10(1), 43-50.
[3] Esseba, I., & Chantit, S. 2018. “Tool Support to Automate Transformations from SBVR to UML Use Case Diagram”. MDI4SE 2018. 525-532.
[4] Febrianti, C., Sudradjat, A., & Sari, R. 2020. “Perancangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Infotech. 2(2), 171-176.
[5]Lubis, F. S., & Putra, R. K. 2021. “Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis MOODLE Pada SMPN 2 Kuala Cenaku”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 13. 43-49.
[6]Nurlistiani, R., & Purwati, N. 2021. “Interpretasi Pengujian Usabilitas E-Learning di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan System Usability Scale”. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2021. 164-171.
[7]Puspita, dkk. 2019. “Peningkatan Kemampuan menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(2), 197-107.
[8]Rahman, F., & Ratna, S. 2018. “Perancangan E-Learning Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniterg”. Technologia, 9(2), 95-100.
[9]Sadi, Lucitasari, D. R., & Khannan, M. S. A. 2019. “Designing Mobile Alumni Tracer Study System Using Waterfall Method: an Android Based”. International Journal of Computer Networks and Communications Security. 7(9), 196-202.
[10]Setiawan, D., & Rafianto, N. 2020. “Pengukuran Usability pada Learning Management System Pergururan Tinggi Menggunakan Pedoman System Usability Scale”. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi. 10(1), 23-31.
[11]Susanto, W. E., & Astuti, Y. G. A. 2017. “Perancangan E-Learning Berbasis Web pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta”. Jurnal Bianglala Informatka, 5(2), 75-82.