PENGARUH PENGGUNAAN MODEL HYBRID LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 9 MADIUN

Main Article Content

Yeyen Afista Rofiatul Hosna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model hybrid learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen bentuk Two Group pretest-posttest design. Rancangan eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok berbeda yang mendapatkan latihan yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar Observasi; digunakan dalam mengukur keterlaksanaan proses pembelajaran selama penerapan model Hybrid Learning   pada mata pelajaran fiqih; dan (2) Butir Tes high order thingking skills (HOTS); digunakan dalam mengukur hasil belajar pada mata pelajaran fiqih. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 9 Madiun sebanyak 185 siswa. Stratified random sampling digunakan dalam penelitian ini karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan dengan memperhatikan strata VIII-1 dan VIII-2 masing-masing 36 siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Hybrid Learning   terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 9 Madiun. Siswa yang belajar menggunakan model hybrid learning (83,750) memperoleh skor hasil belajar yang lebih tinggi secara signifikan dibanding siswa yang menggunakan model pembelajaran secara konvensional (79,766).

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Afista and R. Hosna, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL HYBRID LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 9 MADIUN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 209-215, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Ariel Ora, Roland Sahatcija, & Anxhela Ferhataj. (2018). Learning Styles and the Hybrid Learning : An Empirical Study about the Impact of Learning Styles on the Perception of the Hybrid Learning. Mediterranean Journal of Social Sciences, 9(1), 137–140.
Asmidar. (2019). The Effect of Creative Problem Solving Model toward Students Learning Activities and Learning Outcomes of Science Learning. Atlantis Press, 92–94.
Bernie Trilling, & Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times (1st ed.). In Wiley.
Ishak Abdulhak, As’ari Djohar, & Dinn Wahyudin. (2018). The Development of Hybrid Learning Curriculum Model for Improving Teachers Competencies in Teacher Education Institutions in Indonesia and South Korea. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 3(1), 31–35.
Kanyarat Cojorn, Numphon Koocharoenpisa, l. Sunee Haemaprasith, & Pramuan Siripankaew. (2014). Effects of the Creative Problem Solving (CPS) learning model on matter and properties of matter for seventh grade students. วารสาร ศึกษา ศาสตร์, 35(1), 18–30.
Laura Greenstein. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning (1st ed.). Corwin, A SAGE Publications Company.
Ridong Hu, Su Xiaohui, & Chich-Jen Shieh. (2017). A study on the application of creative problem solving teaching to statistics teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(17), 3139–3149.
Shofiyani, A. (2020). Peningkatan hasil belajar melalaui media blended learning berbasis edmodo. Jurnal education and development, 8(1), 45–45. https://doi.org/10.37081/ed.v8i1.1446
Tuckman, B. W., Worth, F., San, P., New, D., Orlando, Y., San, A., Toronto, A., London, M., & Tokyo, S. (1999). Conducting Educational Research Fifth Edition. www.hbcollege.com
Ummah Irma Khoirul, & Yuliati Nanik. (2020). The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 387–406.
Wulandari. (2021). The Effectiveness of the Application of Learning Models Creative Problem Solving and Problem Based Instruction: The Impact on Students Mathematics Learning Interest. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 540, 150–155.
Zega, Y. (2019). Model blended learning dalam pembelajaran simulasi digital di SMK negeri 1 Tuhemberua. Jurnal education and development, 7(4), 310–310. https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1432