KONSEP DASAR ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Main Article Content

Anesti Rohma Wardani Farid Setiawan Moh Rifki Nazhif Nafi’ Dinulloh Indo Ahya Maulana Nur'aini Zahro Hafizh Ananda Rizkilla Nurul Khiyaroh

Abstract

Pendidikan merupakan suatu bidang yang begitu sangat penting didalam kehidupan manusia. Dimana Pendidikan sangat mendorong dan dapat meningkatkan sebuah kualitas yang terdapat pada manusia baik dalam segi kompetensi, efektif dan juga psikometer. Dalam analisis kebijakan merupakan sebuah penelitian sosial yang dimana dilakukan secara sistematis dan disusun dalam rangka untuk mengetahui sebuah substansi dari suatu kebijakan yang dapat diketahu dengan jelas. Kebijakan menurut istilah dapat diterjemahkan dengan politik program, keputusan aturan, konverensi, ketentuan, rencana strategis, serta kepemahaman yang lainnya. Kebijakan merupakan suatu kegiatan politik didalam organisasi yang dapat memberikan dan menciptakan pemikiran dengan bijaksana sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan dalam organisasi tersebut sehingga pemikiran analislis kebijakan pendidikan adalah suatu konsep prosedur dalam menghasilkan informasi data-data di pendidikan sebagai suatu pengarahan sebagai alat alternative untuk perumusan kebijakan dalam mengambil keputusan yang bersifat diplomatis dalam mengatasi masalah pendidikan. Dengan demikian analisis pendidikan ialah ilmu sosial terapan yang dikonsep dalam rancangan kerangka subtansi kebijakan pendidikan yang bertujuan sebagai penjelas pada masalah yang akan dijawab oleh kebijakan dan suatu masalah yang akan timbul akibat implementasi kebijakan yang telah dibuat.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Wardani, “KONSEP DASAR ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 88-93, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Arwildayanto, Arifin, S., & Warni, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. In Kebijakan Publik. (Vol. 53, Issue 9).
Dunn, W. (2016). Public Policy Analysis (fifth). New York: Routledge.
Fattah, N. &. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan . Bandung: Remaja Rodaskarya.
Ghazali, Irwan, Zakki Teguh Wibawa, dkk. (2021). Analisis kebijakan pendiidkan. 05, 67–77.
Goodwin, A. (2014). Globalization and the preparation of quality teacher: rethinking knowledge domains for teaching. Teaching Education, 21(1), 19-32. http://doi.org/10.1080/10476210903466901.
Hanisyi, Asmad. 2013. “Konsep Dasar Analisis Kebijakan.” Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 4: 48–63.
Imron. (2012). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pamungkas, Oktri, M. Yusuf Noor Khizain dkk. (2021). KONSEP PEMIKIRAN MENGENAI KEBIJAKAN BIDANG PENDIDIKAN. 1(1), 6.
Rismawan, Wawan. 2017. “Peran Dan Fungsi Infrastruktur Politik Dalam Pembentukan Kebijakan Publik.” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 4: 511–18.
Safitri, U., Nuarizal, A., & Gistituati, N. (2021). Urgensi analisis kebijakan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 72. https://doi.org/10.29210/3003818000
Saifuddin, A. (2016). Eksistensi Kurikulum Pesantren Dan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 207. https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.207-234
Timperly, H. W. (2012). Teacher Profesional Learning and Development:Best Evidence Synthetis Iteration (BES). Ministry of Education, 3(1), 130-153. Retrieved from http://www.oecd.org/edu/school/48727127.pdf