UPAYA GURU PAI DALAM MENERAPKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR DENGAN METODE DEBAT AKTIF DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN NGANJUK

Main Article Content

Chusnul Chotimah Cyntia Ayu Kusumaning Koeswoyo Kholishotul Amaliyah

Abstract

Situasi belajar mengajar adalah suatu keadaan yang dapat menghasilkan perubahan perilaku pada seseorang setelah ia ditempatkan pada saat kegiatan pembelajaran yag didalamnya melibatkan tenaga pendidik serta peran aktif siswa itu sendiri.  Untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif membutuhkan metode pembelajaran yang tepat. Metode merupakan salah satu faktor dalam pendidikan yang tidak kalah penting berperan dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar. Pemilihan metode belajar mengajar juga didasari tujuan tertentu. Metode debat aktif merupakan metode belajar mengajar yang cocok untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif. Dan SMAN 1 Gondang Nganjuk merupakan salah satu sekolah yang telah memakai metode debat aktif ini. Penelitian ini dilakukan di kelas IPA dan IPS. Berdasarkan hasil penelitian dari wawancara dengan guru PAI metode debat aktif ini dapat membantu mengembangkan pikiran murid untuk memecahkan suatu masalah, dan membiasakan murid untuk berani tampil di depan.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Chotimah, C. Kusumaning Koeswoyo, and K. Amaliyah, “UPAYA GURU PAI DALAM MENERAPKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR DENGAN METODE DEBAT AKTIF DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN NGANJUK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 143-145, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Nata Abuddin, 1998, Metodologi studi islam, Jakarta : Rajawali Press
Undang-undang Dasar 45, 1989, Jakarta : Sinar Grafika
Dewantara Ki Hajar, 1962, Bagian Pertama Pendidikan, Yogjakarta : Majelis Luhur Taman Siswa
Zuharini Dkk, 1992, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik Oemar, 2015, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Pora Yusro, 2004, Selamat Tinggal Sekolah, Yogjakarta : PT Agromedia Pustaka
Suherwin Muhammad Zein Iqbal dan Dayanti Herly, 2020, Pembelajaran Debat, Jakarta : Guapenda
Fathurrohman Muhammad, 2015, Model-Model Strategi Pembelajaran Inovatif, Yogjakarta : Ar- Ruzz Media
Hidayat Isnu, 2019, 50 Strategi Pembelajaran, Yogjakarta : DIVA Press
Hidayat S Ujang, 2016, Model-Model Pembelajaran Efektif, Sukabimu : Yayasan Budhi Mulia.
Sanajaya Wina, 2009, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Group
Wimala E.Y Dkk, 2021, Debat sebuah Keterampilan dan Seni Berbicara, Jakarta : Guapenda
Majir Abdul, 2012, Paradgma Baru Manajemen Pendidikn abad 21, Yogjakarta : Deepublish
Sugiarti Toto, 2021, E-Learning berbasis asachoology Tingkatkan hasil Belajar Fisika, Jakarta : CV.Mine
Muljiono Pudji dan Djaali, 2021, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Jakarta : Grasindo
Anggito Albi dan Setiawan Johan, 2018, Metode Penelitian Kualitatif, Sukabumi : CV.Jejak
Silberman Melvin, 2006, Active Learning 101 Cra Belajar Siswa Aktif, Bandung : Nusa Media
Moleong J Lexy, 1989, Metodologi penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya