PEMANFAATAN NEW MEDIA DALAM BISNIS COFFE SHOP “JO KOPI’ DI SURABAYA”

Main Article Content

Pandhu Pratama Wicaksono Poppy Febriana

Abstract

Perkembangan yang terjadi di dunia bisnis semakin cepat, setiap bisnis memiliki strategi tersendiri untuk bersaing di dunia bisnis. Demikian pula yang terjadi pada bisnis kedai kopi, salah satunya kedai kopi “JO KOPI”. Turunnya omset penjualan sealam masa pandemi membuat kedai kopi “JO KOPI” harus memutar otak untuk menciptakan strategi pemasaran baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi AISAS untuk meningkatkan jumlah pelanggan “JO KOPI“ berdasarkan penggunaan akun media sosial Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data sekunder dan primer. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model AISAS dan teori bauran pemasaran.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan new media sebagai bagian dari strategi pemasaran oleh kedai kopi“JO KOPI” telah berjalan sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan diterapkannya indikator AISAS yang meliputi Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Search (pencarian), Action (aksi), dan Share (berbagi) sehingga menjadikan bisnis kedai kopi ini semakin luas pasarnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.  

Article Details

How to Cite
[1]
P. Wicaksono and P. Febriana, “PEMANFAATAN NEW MEDIA DALAM BISNIS COFFE SHOP ‘JO KOPI’ DI SURABAYA’”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 665-670, May 2022.
Section
Artikel

References

Aisyah, S., Yanto, A., Chandrawati, M., Melsen, F., Mareta, P., & Batam, U. I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Di Peak Coffee. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 479–483.
Atmoko, B. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Augustinah, F., & Widayati. (2019). Produk-Produk Yang Ditawarkan. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.
Durianto, D. (2001). STRATEGI MENAKLUKAN PASAR Melalui Riset, Ekuitas Dan Perilaku. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hasanah, R., Nobelson, & Sembiring, R. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Coffee Shop ( Studi Kasus Pada Coffee War, Kemang). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, And Accounting National Seminar, 1(2), 514–531. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/890
Humdiana. (2005). Strategi Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Mizan.
Igiasi, T. S. (2017). Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik: Studi Tentang Gaya Hidup Masyarakat Kota Tanjungpinang. Jurnal Masyarakat Maritim, 1(1), 18–20.
Izzati, B. M. (2020). Analysis of Customer Behavior in Mobile Food Ordering Application Using UTAUT Model (Case Study: GoFood Application). International Journal of Innovation in Enterprise System, 4(01), 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.25124/ijies.v4i01.45
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Maleong, L. (2016). Buku Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meiri, A., Nurmalina, R., & Rifin, A. (2014). Analisis Perdagangan Kakao Indonesia di Pasar Internasional. Journal of Industrial and Beverage Crops, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.21082/jtidp.v4n1.2013.p39-46
Ompusunggu, M. ., & Djawahir, A. (2014). Gaya Hidup dan Fenomena Perilaku Konsumen pada Warung Kopi di Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 3–12.
Pakpahan, A. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif [UIN Malang]. http://repository.uin-malang.ac.id/1133/
Semiawan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Mandar Maju.
Sugiyama, K., & Andre, T. (2011). The Dentsu Way. United states: Dentsu Inc.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Syuderajat, F., & Puspitasari, K. (2017). Pengelolaan Media Sosial Oleh Unit Corporate Communication PT GMF Aeroasia. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 9(2), 81–97. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/4173
Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah, 2(2), 230. https://doi.org/https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.744