PENGARUH KUALIATAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPSI ANGGOTA PADA KOPERASI PRIMER KARTIKA KOTA SALAK PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Mariyatul Kubtiyah Ritonga Sri Hartini Erlina Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan  terhadap partisipasi anggota pada Koperasi Primer Kartika Kota Salak Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yakni untuk melihat pengaruh gambaran kedua variabel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara angket (kuesioner), observasi, . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang dari populasi anggota keseluruhan yang berjumlah 694 orang . Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Kualitas pelayanan  berpengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota pada koperasi  Primer Kartika Kota Salak  dikarenakan nilai  fhitung> ftabel atau 53,825 > 3,09 nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari level of signifikan 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota karena nilai thitung>ttabel atau 3,154 >1.984 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,002 < 0,05.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ritonga, S. Hartini, and E. Sari, “PENGARUH KUALIATAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPSI ANGGOTA PADA KOPERASI PRIMER KARTIKA KOTA SALAK PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 624-627, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Anwar, Saifuddin . 2013. Teknologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta
Atmadjati, Arista. 2018. Layanan Prima dalam Praktik Saat ini. Yogyakarta: Deepublish
Ekowati, Mas Roro Lilik. 2017.Kemitraan dalam Otonomi Daerah. Malang: Intelgnesia Media
Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Jakarta : Ghalia Indonesia Hendar,SE,Msi dan Kusnadi,SE,. 2005. Ekonomi Koperasi. Jakarta: LembagaPenerbit Fakultas UI
Husaini dan Purnomo Akbar Setrady. 2003.Metodologi Penelitian Sosial.Jakarta: PT BUMI Aksara
Khaidir. 2017. Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Kualita Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran CFC Abadi Jambi:UIN STS Jambi.
Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan, Pengolahan Data dengan SPSS 22,0. Bandung:Alfabeta.
Ratminto dan Atik Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudrajat,M. Subono. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta