ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA PELAKSANAAN TATAP MUKA TERBATAS (TMT) DI SMASE-KECAMATAN TAMAN SARI JAKARTA BARAT

Main Article Content

Fellix Rimba Lili Somantri Iwan Satiawan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran geografi di masa pandemi dan efektivitas pembelajaran geografi di SMA se-kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. Penelitian ini berlokasi SMA se-Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat, yang terdiri 5 sekolah yaitu, SMA N 17 Jakarta Barat, SMA Sentosa Pagi, SMA N 2 Jakarta, SMA Santo Leo dan Sekolah Ricci. Teknik pengumpulan data dipakai dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, studi dokumentasi dan teknik wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan analisis efektivitas pembelajaran geografi pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS SMA se-kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. Yang akan disajikan dalam bentuk persentase, tabel, grafik, gambar dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran di SMA se-Kecamatan Taman Sari semasa pandemi covid-19 dilaksanakan secara tatap muka terbatas dan daring dengan menfaatkan aplikasi whatsapp group, google classroom dan zoom meeting. (2) efektivitas pembelajaran geografi dimasa tatap muka terbatas dilihat dari mutu pembelajaran tergolong pada kategori cukup efektif dengan skor 76.22%, tingkat pengajaran cukup efektif dengan skor 78.37%, insentif tergolong kategori cukup efektif dengan skor 68.90% dan waktu pembelajaran pada kategori cukup efektif dengan skor 90% Pembelajaran geografi pada tatap muka terbatas menunjukkan hasil yang cukup efektif yaitu sebesar 78.37%.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Rimba, L. Somantri, and I. Satiawan, “ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA PELAKSANAAN TATAP MUKA TERBATAS (TMT) DI SMASE-KECAMATAN TAMAN SARI JAKARTA BARAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 122-128, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Budiani. (2009). Efektivitas Program Penaggulangan Pengangguran Karang Taruna Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Ekonomi Sosial, 2(1), 130-147.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55–61.
Faizatun Nissa, Haryanto , Akhmad. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Mukadi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA. 8(2).
Firman, Harry. (1987). Ciri-Ciri Efektivitas. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.
Gulo. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Hadi, Sutrisno. (2002). Metodologi Reserch. Yogyakarta: Andi Ofset.
Habibah, Riasatul Et Al. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02) 1.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.
Kodir, Abdul. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Onde, Mitra kasih La Ode. , Aswat, Hijrawatil. , Sari, Eka Rosmitha. , Meliza, Nur. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). DOI: 10.31004/edukatif.v3i6.1449.
Poerwandari, E.K. (2007). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Jakarta : LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Pattanang, Emik. , Limbong, Mesta. , Tambunan, Witarsa. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2): 112–20.
Ristyawati, Aprista. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 Ooeh Pemerintah sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2). 240–249.
Satrianingrum, Arifah Prima. , Prasetyo, Iis. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.574.
Slavin. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung. Nusa Media.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful, Nurinayati. , Rudiyansyah. , Aslam, Sri Lestari. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa). Equlibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86-92.
Tuwu, Darmin. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2). DOI:10.35817/jpu.v3i2.12535.
Wisano Powa, Nevly., Tambunan, Witarsa., Limbong, Mesta. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10 (02).
Yunus, Hadi Sabari. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.