PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HIDROKARBON

Main Article Content

Ubadilla Mairani Eny Enawaty Rody Putra Sartika Rini Muharini Rahmat Rasmawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menentukan kelayakan serta respon pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) materi hidrokarbon pada kelas XI di SMK PGRI Pontianak. e-LKPD ini menggunakan liveworksheets. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan(research and development) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, dan pengembangan. Subjek yang terlibat pada penelitian ini yaitu e-LKPD dan responden penelitian dari pendidik dan peserta didik SMK PGRI Pontianak. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan dan angket respon pendidik dan peserta didik yang diukur menggunakan skala likert.  Kelayakan e-LKPD dinilai bersadarkan aspek materi, media, dan bahasa oleh tiga ahli untuk setiap aspek. Berdasarkan hasil uji kelayakan memberikan hasil sangat layak dengan perolehan nilai rata-rata 94,64%(materi), 98,81%(media), dan 97%(bahasa). Sedangkan hasil uji respon pendidik dan peserta didik adalah sangat baik dengan hasil uji respon pendidik diperoleh hasil sebesar 90%, uji terbatas diperoleh hasil sebesar 96,91%, dan uji meluas diperoleh hasil sebesar 96,27%. Dengan demikian lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi hidrokarbon dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran hidrokarbon dengan respon sangat baik.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Mairani, E. Enawaty, R. Sartika, R. Muharini, and R. Rasmawan, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HIDROKARBON”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 117-121, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (New York). McGraw-Hill Companies,Inc.
Aswan, D., Enawaty, E., Lestari, I., Hairida, & Erlina. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KIT KONFIGURASI ELEKTRON UNTUK PESERTA DIDIK DI SMA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4), 101–109. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3014
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Palma, Y., Saputra, R., Ulfah, M., Rasmawan, R., & Sartika, R. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KIT BENTUK MOLEKUL DIKELAS X SMA NEGERI 8 PONTIANAK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 86–91. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2704
Rabuandika, A.-, Sartika, R. P., & Rasmawan, R. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA PRAKTIKUM DASAR-DASAR KIMIA ANALITIK. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 9(1). https://doi.org/10.29406/ar-r.v9i1.2512
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Siburian, K., Sahputra, R., & Sartika, R. P. (2021). PENGEMBANGAN E-SUPLEMEN ELEMENTAL CHEMISTRY’S PEDIA BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS TANJUNGPURA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4), 235–246. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2951
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Surya, W. P., & Holiwarni, B. (t.t.). DEVELOPMENT OF WORKSHEET BASED PROBLEM BASED LEARNING ON THE TOPIC HYDROCARBON OF SENIOR HIGH SCHOOL. 12.
Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). DEVELOPMENT OF NEWTON LAW INTERACTIVE E-LKPD BASED ON MOBILE LEARNING USING LIVE WORKSHEETS IN HIGH SCHOOL. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72. https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.26567
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600