ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS

Main Article Content

Siti Nurjanah Tomo Djudin Hamdani Hamdani

Abstract

Salah satu kemampuan yang fundamental untuk dimiliki di abad 21 yaitu kemampuan untuk berpikir kritis. Namun, data dari penilaian internasional mengindikasikan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik Indonesia dalam bidang fisika masih belum optimal. Untuk itu diperlukan adanya analisis lebih lanjut terkait dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan menerapkan teknik simple random sampling dalam pemilihan sampel. 54 orang  peserta didik SMA Negeri 3 Pontianak di kelas XI IPA dilibatkan sebagai sampel untuk penelitian ini. Perolehan data penelitain dilakukan dengan menerapkan teknik pengukuran berupa tes kemampuan berpikir kritis pada topik fluida dinamis. Tiga soal esai termuat pada tes penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis masih tergolong rendah.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Nurjanah, T. Djudin, and H. Hamdani, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 111-116, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Abdurrahman, A., Setyaningsih, C. A., & Jalmo, T. (2019). Implementating multiple representation-based worksheet to develop critical thinking skills. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 138–155. https://doi.org/10.12973/tused.10271a
Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31608
Afriana, N., Halim, A., & Syukri, M. (2021). Analisis karakteristik keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.627
Almeida, L. da S., & Franco, A. H. R. (2011). Critical thinking: Its relevance for education in a shifting society. Revista de Psicología, 29(1), 175–195.
Ardiyanti, F., & Nuroso, H. (2021). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA dalam pembelajaran Fisika. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.945
Ariani, T. (2020). Analysis of students’ critical thinking skills in physics problems. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 1–17. Diambil dari http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/kpej
Arikunto, S. (2005). Management penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bao, L., & Koenig, K. (2019). Physics education research for 21st century learning. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0007-8
Bonitalia, B., Hatibe, A., & Pasaribu, M. (2019). Effect of critical abilities thinking and logical thinking on student’s Physics learning achievement at XII SMAN 2 Palu. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 3(2), 54–61. https://doi.org/10.22487/j25490192.2019.v3.i2.pp54-61
Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, & Dari, R. W. (2021). Description of students critical thinking ability in temperature and calor material. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(2), 98–105. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i2.1895
Dehghayedi, M., & Bagheri, M. S. (2018). EFL teachers ’ learning and teaching beliefs : Does critical thinking make a difference ? International Journal of Instruction, 11(4), 223–240. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11415a
Dewi, N. R., Magfiroh, L., Nurkhalisa, S., & Dwijayanti, I. (2019). The development of contextual-based science digital storytelling teaching materials to improve students’ critical thinking on classification theme. Journal of Turkish Science Education, 16(3), 364–378. https://doi.org/10.12973/tused.10288a
Fisher, A. (2009). Berpikir kritis: sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga.
Gelder, T. (2005). Teaching critical thinking: Some lessons from cognitive science. College Teaching, 53(1), 41–48. https://doi.org/10.3200/CTCH.53.1.41-48
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 update PLS regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halpern, D. (1998). Teaching critical thinking for transfer across domains: Dispositions, skills, structure training, and metacognitive monitoring. American Psychologist, 53(4), 449–455. https://doi.org/10.1037/0003-066X.53.4.449
Hutama, F. S. (2011). Penggunaan strategi pemecahan masalah model Polya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pecahan siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung tahun 2010/2011 (Universitas Jember). Universitas Jember. Diambil dari http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1400
Kardoyo, Nurkhin, A., Muhsin, & Pramusinto, H. (2020). Problem-based learning strategy: Its impact on students’ critical and creative thinking skills. European Journal of Educational Research, 9(3), 1141–1150. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1141
Khotimah, K., Nyeneng, I. D. P., & Sesunan, F. (2017). Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan respon bahan ajar multirepresentasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).
Liana, N., Suana, W., Sesunan, F., & Abdurrahman. (2018). Pengembangan soal tes berpikir tingkat tinggi materi fluida untuk SMA. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 66–78. Diambil dari http: ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jkse
Lombu’u, R., Ali, M. S., & Helmi. (2019). Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Fisika peserta didik SMA Negeri 2 Gowa.
Luvia Ranggi, N., Yokhebed, Ramli, M., & Yuliani, H. (2021). Meta-analysis of the effectiveness of problem-based learning towards critical thinking skills in science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012071
Najaah, L. S., Sunarno, W., & Sukarmin. (2020). Analysis of students ’ critical thinking skills on chapter of motion of objects and living things Analysis of students ’ critical thinking skills on chapter of motion of objects and living things. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012104
Nurazizaha, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi usaha dan energi. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. Diambil dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/3976
Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2019). Analysis of student critical thinking skill in solving fluid static concept based on metacognition level. 9th International Conference on Physics and Its Applications (ICOPIA). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1153/1/012126
Permata, A. R., Muslim, & Suyana, I. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Seminar Nasional Fisika 2019. journal.unj.ac.id. Diambil dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/13422
Rosyidah, N. D., Kusairi, S., Taufiq, A., & Affriyenn, Y. (2020). Profile of students’ critical thinking processes on the topics of Hydrostatic Pressure and Archimedes’ principle. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012081
Sari, G. P., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika materi usaha dan energi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i10.29371
Siegel, H. (1988). Educating reason: Rationality, critical thinking, and education. New York: Routledge.
Sulviana, & Pasaribu, M. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis serta kemandirian belajar siswa SMA pada materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 9(1), 63–69. Diambil dari https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/791
Susilowati, E., Hartini, S., Suyidno, S., Mayasari, T., & Winarno, N. (2020). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah terhadap ketrampilan berpikir kritis pada materi deret. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(1), 119–125.
Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi. (2013). Student’s critical thinking ability with higher order thinking skills (HOTS) question based on selfefficacy. Journal of Physics: Conference Series, (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012013
Tanjung, Y. I., & Dwiana, Y. A. (2019). Pengembangan instrumen tes berbasis critical thinking skill pada materi gerak lurus. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7(4), 80–86. Diambil dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi
Umam, A., Suparmi, A., & Sukarmin, S. (2020). Analysis of critical thinking skill profile on the concept of simple harmonic motion using two tier instrument test. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 32085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032085
Wardani, K. E. K., Djudin, T., & Mursyid, S. (2021). Pengaruh model cooperative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi tekanan. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 36. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i1.42453
Wulandari, A. Y. R. (2018). Correlation between critical thinking and conceptual understanding of student’s learning outcome in mechanics concept. International Conference on Science and Applied Science (ICSAS) 2018, 2014, 1–8. https://doi.org/10.1063/1.5054432
Živkovic, S. (2016). A model of critical thinking as an important attribute for success in the 21st century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 102–108. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.034