PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR DOSEN DI STAIM

Main Article Content

ARMANSYAH LUBIS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja mengajar dosen di STAIM. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, eksplanatori, deskriptif, dan verifikatif. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data untuk keempat variabel (kepemimpinan, motivasi, lingkungan kerja, dan kinerja mengajar dosen) menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis berganda, dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik meliputi: uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis pertama diterima artinya terdapat pengaruh positif kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja mengajar dosen STAIM. Hasil uji hipotesis kedua juga diterima artinya terdapat pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja mengajar dosen STAIM dengan memberikan kontribusi sebesar 82.2 %

Article Details

How to Cite
[1]
A. LUBIS, “PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR DOSEN DI STAIM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 2, p. 7, Jul. 2018.
Section
Artikel