MEMAHAMI MAKNA TES, PENGUKURAN (MEASUREMENT), PENILAIAN (ASSESSMENT), DAN EVALUASI (EVALUATION) DALAM PENDIDIKAN

Main Article Content

Aiman Faiz Nugraha Permana Putra Fajar Nugraha

Abstract

Pendidikan adalah proses pembentukan intelektual dan emosional yang merupakan suatu usaha untuk mengembangkan kualitas manusia. Tujuan Pendidikan Nasional yang mengharapkan berkembangnya kualitas Sumber Daya Manusia tersebut tentu saja dapat terwujud apabila keseluruhan sistem pendidikannya berjalan sesuai relnya. Pada artikel ini membahas tentang makna tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi pustaka. Evaluasi merupakan subsistem yang sangat penting dan sangat di butuhkan dalam sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan. Tolok ukur pendidikan yang diselenggrakan itu terlihat sukses atau tidaknya jika adanya hasil yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional, baik dalam bentuk angka maupun sikap.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Faiz, N. Putra, and F. Nugraha, “MEMAHAMI MAKNA TES, PENGUKURAN (MEASUREMENT), PENILAIAN (ASSESSMENT), DAN EVALUASI (EVALUATION) DALAM PENDIDIKAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 492-495, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip-Teknik-Prosedur. PT.Remaja Rosdakarya.
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1544–1550.
Irwantoro, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi pedagogik.
Ismail, M. I. (2019). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Cendekia Publisher.
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Purwati, Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735.
Suharsimi Arikunto. (2007). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.