PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY DOMINO (CHEMINO) CARD PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Main Article Content

Fithri Anggraini Rachmat Sahputra Husna Amalya Melati Hairida Hairida Masriani Masriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran chemistry domino card (chemino card) dan menentukan kelayakan media tersebut berdasarkan penilaian para ahli dan respon guru. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Kelayakan media ini dilihat dari lembar penilaian kelayakan materi, bahasa, dan media serta angket respon guru. Kelayakan media divalidasi oleh sembilan ahli yang masing-masing terdiri dari tiga ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil penelitian uji kelayakan materi, bahasa, dan media secara berturut-turut diperoleh rata-rata persentase sebesar 97%, 94%, dan 93% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran Chemino Card  sangat layak untuk digunakan. Subjek dari penelitian ini adalah media chemino card pada materi sistem periodik unsur yang akan diuji cobakan kepada empat orang responden untuk mengisi angket respon guru, yaitu guru kimia dari sekolah yang berbeda-beda. Hasil penelitian angket respon guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 90% yang menunjukkan bahwa media Chemino Card sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan respon guru, media Chemino Card layak dan siap digunakan sebagai media pembelajaran untuk pendukung proses pembelajaran kimia pada materi sistem periodik unsur.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Anggraini, R. Sahputra, H. Melati, H. Hairida, and M. Masriani, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY DOMINO (CHEMINO) CARD PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 238-248, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Akdon, dan R. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Gaung Persada Press Group).
Erlina. (2011). Deskripsi Kemampuan Berpikir Formal Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura. Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 631–640.
Erlina, Hairida, & Majidah. (2013). Korelasi antara self-efficacy dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di sma. Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 2, 1–10.
Hairida,H, . Ira Lestari dan Wahyu Arif Murtandho. (2014). Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Sistem Periodik Unsur Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3, 0–10.
Hapsari, P. A. dan H. T. (2016). Validitas Kartu Permainan Domino Invertebrata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Untuk Siswa Kelas X Sma Development. 3(3), 571–579.
Hestuaji, Y., & WA, S. (2013). Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(1), 1–6.
Ismail, D. (2008). Kapita Selekda Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka.
Keenan, Kleinfelter, dan W. (2017). Kimia Untuk Universitas. Erlanggga.
Kemdikbud, L. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. 20 Juni 2013. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21
Larasati, Dwi,, Poedjiastoeti, S. (2016). Pengembangan Permainan Kartu Domino Kimia Sebagai Media Development Of Domino Chemistry Card Games On The Subject. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap studi pengembangan yaitu uji The aim of this research is to determine the eligibility of Domi. Journal of Chemical Education, 5(1), 115–119.
Middlecamp, C, 7 Kean, E. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta:PT. Gramedia.
Mimilaida. (2016). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Materi Sistem Periodik Unsur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi. Universitas Syiah Kuala.
Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu Flashcard dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143–148.
Prawiradilaga, D. S. (2019). Wawasan Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Priatmoko, S., Prasetya, A. T., & Hartati, S. (2008). Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Media Macromedia Flash Dan Microsoft Powerpoint Yang Disampaikan Melalui Pendekatan Chemo-Edutaintment. 2, 299–304.
Riduwan. (2017). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suherman, Y. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran Bagi ABK. Makalah Disampaikan pada Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur.
Syamsiana, F. dan A. L. (2014). Struktur Atom Pada Siswa Sma Negeri Ploso Jombang The Traditional Games Selibur As A Medium Of Atomic Strukture. Prosiding Seminar Nasional Kimia, September, 48–52.
Talanquer, D. C. & B. S. S. &. (2014). Students’ Perceptions of Academic Dishonesty in the Chemistry Classroom Laboratory. Journal of Research in Science Teaching, 41. https://doi.org/10.1002 /tea.10124.
Waryanto, N. H. (2007). Penggunaan Media Audio Visual dalam Menunjang Pembelajaran. 1.