PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR
Main Article Content
Abstract
Karakter merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan saat ini, mengingat berbagai tantangan dan hambatan yang datang dari luar sangat membahayakan bagi kondisi karakter remaja Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan implementasi siswa terkait dengan pentingnya nilai cinta tanah air dalam penguatan pendidikan karakter program pembiasaan. Pendidikan karakter mesti terlaksana dengan baik dan berkesinambungan, penguatan pendidikan karakter yang dilakukan di SMPN 2 Sumber melalui program pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan sudah berjalan dengan baik namun perlu dilakukan secar continue agar siswa tidak hanya sebatas memahami (knowing), namun juga harus mencapai action agar nilai cinta tanah air dapat tertanam dikalangan remaja.
Article Details
References
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Faiz, A., Supardi, D., Mulyadi, & Kurniawaty, I. (2022). Tinjauan Studi Pustaka Tahapan Domain Afektif untuk Mengukur Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5508–5515.
Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taxonomy of Educational Objektives, The Classification of Educational Goals. USA: David Mc Kay Company.
Lickona, T, (1991) Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta
Meira. (2012). Pendidikan Islam di Era Globalisasi dalam Membangun Karakter Bangsa | Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 1 Februari 2012, hlm. 87-92
Pidarta, Made. (2009). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia Edisi II. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta., April 2015, 31–46. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suyadi, (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.